Inovasi Mahasiswa dalam Meningkatkan Kepatuhan Administrasi Kependudukan Masyarakat Desa Pematangrahim Provinsi Jambi
DOI:
https://doi.org/10.59698/swakarya.v2i1.282Keywords:
Kepatuhan Administrasi Kependudukan, Program SAMA TAAT, Sosialisasi, Pelayanan PublikAbstract
Kepatuhan terhadap administrasi kependudukan di Desa Pematangrahim, Provinsi Jambi, menjadi salah satu tantangan utama dalam memastikan akses masyarakat terhadap layanan publik dan mendukung perencanaan pembangunan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran mahasiswa dalam meningkatkan kepatuhan administrasi kependudukan melalui program "Sosialisasi Ajak Masyarakat Tertib Administrasi" (SAMA TAAT). Program ini mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan administrasi kependudukan dan membantu mereka dalam pengurusan dokumen kependudukan seperti KTP, KK, akta kelahiran, dan dokumen lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program SAMA TAAT dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya administrasi kependudukan yang tertib, serta mempercepat proses pengurusan dokumen kependudukan dengan pendekatan langsung dari mahasiswa. Dengan demikian, program ini berperan penting dalam memperbaiki kualitas pelayanan administrasi kependudukan di desa dan mendukung keberlanjutan sistem administrasi yang lebih akurat dan efisien. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pihak terkait untuk terus memperkuat sosialisasi dan memperluas implementasi program serupa di desa-desa lain.
References
Afriyanti, F. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.
Duhita, A. S. (2018). Inovasi Produk E-Lampid dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Surabaya. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 11. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp1430c8e0b0full.pdf
Apriliani, K. (2020). Implementasi Kebijakan Peraturan Menteri dalam Negeri No. 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Denpasar. Widya Accarya, 11(1), 01–09. https://doi.org/10.46650/wa.11.1.826.01-09
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: Kep/25/M.Pan/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Purba, J. F., Tarigan, U., Nasution, I., & Suharyanto, A. (2019). Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dalam Pengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Perspektif, 8(2), 77–83. https://doi.org/10.31289/perspektif.v8i2.2597
Arista, W. D., & Suderana, W. (2019). Implementasi Kebijakan Program Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), 56. https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1733
Cahyadi, R. (2016). Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Fiat Justicia Jurnal Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Lampung, 10(3), 569-586.
Cendana, G. A., & Oktariyanda, T. A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Jombok Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Publika, 1089-1100.
Misdwiyanti Masuroh, H. (2018). Sistem Informasi Kependudukan Berbasis Web di Desa Ngrupit. Jurnal of Misdwiyanti Masuroh, 5–24. http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/668
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maslaini, Hasna Dewi, Arsan Isro, Zeni Sunarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.