KUALITAS PELAYANAN BANTUAN BERAS MISKIN ( RASKIN) DI DESA PANDAN LAGAN KECAMATAN GERAGAI
DOI:
https://doi.org/10.59698/swakarya.v3i2.310Abstract
ABSTRAK
Raskin merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan rawan pangan agar mereka mendapatkan beras untuk kebutuh rumah tangga.program raskin tersebut merupakan program untuk membantu masyarakat yang miskin termasuk dalam kluster 1 tentang bantuan dan perlindungan sosial , instruksi presiden pada nomor 8 tahun 2008 terkait kebijakan perberasan . Pelayana yang berkualitas di ukur dari tingkat kepuasan yang dirasakan oleh konsumen atau masyarakat . kualitas pelayanan yang baik merupakan bukti dari penyelenggaraan pemerintah yang baik (good governance).pelayanan yang optimal di berikan pemerintah adalah hasil kerja pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memahami secara mendalam pelaksanaan dan pelayanan program beras miskin (raskin) di desa pandan lagan kecamatan geragai , dengan mengumpulkan data langsung melalui wawancara ,obervasi data ,pengumpulkan data dan dokumentasi data yang di peroleh melalui wawancara, obervasi dan dokumentasi. penyelenggaraan pemerintah yang baik akan pencerminkan pelayanan yang optimal di segala aspek,antara lain pelayanan terhadap pelaksanaan e- KTP , Jaminan, beras miskin ( raskin) dan kesehatan masyarakat (ljamkesmas).hal ini sesuai dengan paradigma pelayanan publik yang bertujuan untuk memberikan kepuasan ke pada konsumen atau masyarakat
Kata kunci : kualitas pelayanan,beras miskin /Raskin
References
DAFTAR PUSTAKA
(Annonimuus). 2001. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2000 Tentang Program Pembangunan Nasional (Propenas) Tahun 2000-2004, Jakarta : Tamita Utama
Badaruddin Rangkuti “Analisis Pelayanan Prima terhadap pelaksanaan pembagian beras miskin (Raskin)di kecamatan sidikalang “vol 2,no 1,juni 2014
Badaruddin Rangkuti “Analisis Pelayanan Prima terhadap pelaksanaan pembagian beras miskin (Raskin)di kecamatan sidikalang “vol 2,no 1,juni 2014
Dimock. 1996. Public Administration (Administrasi Negara), Diterjemahkan Oleh Husni Thamrin Pane, Rineka Cipta; Jakarta.
Elsa Rizki Maharani “Implementasi kebijakan distribusi program raskin di desa kawengan kabupaten semarang “journal 6 (4) (2017)
Hadari, Nawawi. 1994. Ilmu Administrasi, Ghalia Indonesia; Jakarta
Istianto ,bambang 2011.”manajemen pemerintahan dalam perspektif pelayanan publik” ,mitra wacana media: jakarta
Imawan, Riswanda. 2005. Aspek Demokrasi Dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tinjauan Terhadap Masa Depan Politik Lokal, Makalah Seminar Undangundang Nomor 32
Tahun 2004 dan Upaya Mewujudkan Good Governance, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poitik Universitas Negeri Surakarta
Lauma, Rahmat, Sofia Pangemanan, and Stefanus Sampe. "Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governanace Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Suatu Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow Utara)." Jurnal eksekutif 3.3 (2019).
Mohammad zainal” pelayanan program beras miskin di kelurahan maleni kecamatan banawa kabupaten donggala “,volume 4 nomor 9,september 2016 hlm 146-155
Priyono, Agung. 2006. Pelayanan Satu Atap Sebagai Strategi Pelayanan Prima di Era Otonomi Daerah, Jurnal Spirit Publik Volume 2 Nomor 2 Okteober 2006 Fakultas Ilmu Sosial dan Il
Sarmila ,Udin B. Sore, Natsir tompo ,”implementasi distribusi bantuan sosial (raskin) bagi masyarakat miskin di kelurahan bontoala kota makasar “ volume 1 , no. 1 2022
Salim Emil ,1982.”perencanaan pembangunan dan pemerataan pendapat,yayasan indayu “, Jakarta.
Suradinata, Ermaya. 1994. Kebijaksanaan Pembangunan dan Pelaksanaan Otonomi Daerah, (Perkembangan Teori dan Penerapan), CV. Ramadhan; Bandung
Tjokrowinoto , M . 1985 ,” politik pembangunan : Sebuah Analisis Konsep Arah Strategis”, PT Tiara Wacana Jakarta .
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitria Ningsih, Haeran, Daud

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.