MENDAMPINGI KOPERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMP NEGERI 21 TANJUNG JABUNG TIMUR
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan tujuan mendampingi koperasi sekolah dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa di SMP Negeri 21 Tanjung Jabung Timur. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya pemahaman siswa mengenai pengelolaan usaha sederhana serta minimnya pengalaman praktik kewirausahaan di lingkungan sekolah. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan manajemen koperasi, simulasi usaha, serta pendampingan langsung dalam aktivitas koperasi sekolah. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa terkait konsep kewirausahaan, keterampilan mengelola keuangan sederhana, serta kemampuan bekerja sama dalam tim. Selain itu, siswa mulai menunjukkan kreativitas dalam mengembangkan ide-ide usaha yang relevan dengan kebutuhan sekolah. Kegiatan PKM ini berimplikasi positif dalam membentuk karakter mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab, sekaligus memperkuat peran koperasi sekolah sebagai media pembelajaran praktik kewirausahaan.
References
Putri, A. N., & Anwar, S. (2021). Peran koperasi sekolah dalam membentuk karakter dan jiwa kewirausahaan siswa SMP. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pendidikan, 9(1), 33–42.
Hidayat, A., & Suryani, D. (2019). Analisis penerapan Pendidikan kewirausahaan di sekolah menengah sebagai sarana pembentukan karakter wirausaha. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(2), 101–112.
Nugraha, B., & Fitriani, R. (2020). Peran koperasi sekolah dalam meningkatkan kompetensi kewirausahaan siswa SMP. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 2(3), 45–53.
Lestari, M. (2022). Pendampingan kewirausahaan sebagai upaya peningkatan minat dan keterampilan wirausaha siswa sekolah menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 77–86.
Rahman, A., & Utami, D. (2020). Pemberdayaan koperasi sekolah sebagai sarana pembelajaran kewirausahaan bagi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 134–142.
Sari, L. (2021). Pengembangan jiwa kewirausahaan siswa melalui kegiatan koperasi sekolah di era digital. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 9(1), 45–53.
Fauziah, N., & Lestari, D. (2020). Pendekatan partisipatif dalam pemberdayaan siswa melalui koperasi sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Edukasi, 5(1), 67–75.
Hidayat, M. (2022). Implementasi model pendampingan partisipatif dalam kegiatan kewirausahaan di sekolah menengah pertama. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(2), 101–110.
Rahmah, S. (2021). Pelatihan manajemen koperasi sebagai sarana pembelajaran kewirausahaan di sekolah menengah pertama. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 6(2), 112–121.
Putri, R., & Hasanah, N. (2023). Pendampingan praktik koperasi sekolah dalam meningkatkan keterampilan kewirausahaan siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kreatif, 7(1), 45–53.
Prasetyo, A., & Rahman, H. (2021). Simulasi kewirausahaan sebagai media pembelajaran praktik bagi siswa sekolah menengah. Jurnal Ekonomi dan Pembelajaran, 6(2), 145–153.
Nugroho, B. (2022). Model pendampingan partisipatif dalam pengembangan koperasi sekolah berbasis kewirausahaan siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian, 4(2), 112–120.
Handayani, T. (2023). Evaluasi program pelatihan kewirausahaan bagi siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 25–33.
Putri, A., & Kurniawan, D. (2021). Metode evaluasi partisipatif dalam kegiatan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan kewirausahaan. Jurnal Abdimas Kreatif, 5(2), 88–96.
Fauziah, R., & Karim, M. (2022). Efektivitas program pendampingan koperasi sekolah dalam meningkatkan keterampilan kewirausahaan siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kreatif, 4(2), 101–109.
Nuraini, D. (2023). Koperasi sekolah sebagai sarana pembentukan karakter dan jiwa kewirausahaan siswa. Jurnal Pendidikan EkonoZmi dan Kewirausahaan, 9(1), 55–63.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pera Desvita, Ahmad Edi Saputra, Pini Susanti, Wargo, Embang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 
						
