STRATEGI PT. POS CABANG KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA JASA EKSPEDISI
DOI:
https://doi.org/10.59698/swakarya.v2i2.330Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya jasa ekpedisi di era berkembangnya tekno logi saait ini. Sehingga membuat jasa ekspedisi seperti PT.Pos yang sudah lama berdiri menjadi kalah akan persaingan di dalam dunia bisnis dan jasa. Dimana dapat dilihat dari data Bps Tanjung Jabung Timur yang menjelaskan tingkat minat konsumen menggunakan jasa Pos. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi Pt. Pos Cabang Kabupaten Tanjung Jabung Timur Menghadapi Persaingan Usaha Jasa Expedisi. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods. Data dikumpulkan melalui kuesioner (angket),wawancara, observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu kendala yang terjadi adalah minimnya informasi mengenai kantor Pos sehingga masyarakat hanya tau bahwa kantor pos hanya mengirimkan surat. Sehingga strategi yang sedang diterapkan atau dilakukan oleh Pos Cabang Kabupaten Tanjung Jabung Timur yaitu melakukan promosi dengan teknologi modern saat ini, Seperti mengembangkan Aplikasi PosAja dan Website mengembangkan produk-produk layanan mengikuti keinginan pelanggan, mempertahankan loyalitas pelanggan dengan cara tetap menjaga amanah dan selalu dipercaya serta menjunjung sikap ramah, sopan, dan disiplin.. Kendala-kendala yang masih dialami masyarakat sudah banyak yang diatasi dari berbagai problem prasarana hingga kendala paket. Melalui strategi-strategi tersebut, dapat diketahui bahwa Pos Indonesia mampu bersaing dan bertahan ditengah-tengah arus persaingan bisnis saat ini.
Kata Kunci : PT. POS, Strategi Pemasaran, Persaingan Jasa Ekspedisi,
References
Andini, M., & Ningsih, R. H. (2020). Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang Pada PT Pos Indonesia ( Persero ) Kantor Pos Sukabumi. Prosiding SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi Dan Riset Terapan), 273–279. https://semnastera.polteksmi.ac.id/index.php/semnastera/article/view/54
Anitana Widya Puspa. (2022). Persaingan Makin Sengit, Membedah Strategi Bisnis Logistik di Indonesia. https://ekonomi.bisnis.com/read/20220221/98/1503146/persaingan-makin-sengit-membedah-strategi-bisnis-logistik-di-indonesia
Clarisa, D., Maldun, S., & Juharni, J. (2023). Strategi Pelayanan Jasa Pengiriman PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Makassar. Publician: Journal of Public Service, Public Policy, and Administrastion, 2(2), 75–84. https://doi.org/10.56326/jp.v2i2.2388
Dewi, T. K., Rahmawati, S., Apriliana, R., Yusuf, D., Suryana, F., & Tania, S. (2023). INOVASI PT. POS INDONESIA DALAM MENJAGA EKSISTENSI DAN DAYA SAING PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Cianjur). Ar-Rihlah : Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3(2), 141. https://doi.org/10.35194/arps.v3i2.3936
Dian Sudiantini, Ade Siantry, & Ana Berti Atmajayanti. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Layanan Pos Express Pada PT. Pos Indonesia (PERSERO) Jakarta Selatan. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(2), 171–190. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i2.744
Jayanti, R. D. (2020). Strategi Pt Pos Cabang Parepare Menghadapi Persaingan Usaha Jasa Kiriman (Analisis Manajemen Sy. 1–92.
Lailatul Mufidah, K. T. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Bisnis Digital Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Dengan Penyerapan Tenaga Kerja Sebagai Variabel Intervening. 7(3), 6.
Mariana. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Layanan Pos Express Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Makassar. 7(2), 44–68.
Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A. (2021). Strategi Persaingan (4). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 25–55.
Patiwi, T., & Hartini. (2023). Pondasi Keberhasilan di Era Persaingan Jasa Ekspedisi JNEExpress Kediri. Larisa, 1(December). file:///C:/Users/user/Downloads/5.+Pondasi+Keberhasilan+di+Era+Persaingan+Jasa+Ekspedisi+JNE+Express+Kediri.pdf
Profitability, J., Ekonomi, F., Bisnis, D., Jusriadi, E., Manajemen, P. S., & Makassar, U. M. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Layanan Pos Express. 3(2), 48–60.
Rohman, S., & Abdul, F. W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Ninja Express Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Logistik Indonesia, 5(1), 73–85. https://doi.org/10.31334/logistik.v5i1.1188
Saparudin, & Arizona, K. (2022). Pengantar Metode Penelitian Campuran. In Metode Penelitian Campuran Alternatif Menjawab Permasalahan yang Komprehensif (pp. 112–131).
Wurarah, E. M. . (2021). Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Daya Saing PT POS (Persero) Indonesia di Kota Makassar.
Zahra, A., Herawaty, T., & Muttaqin, Z. (2024). Pengembangan Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Barang pada PT Pos Indonesia (Persero) KCU Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(1), 95–103.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ridwan Husairi, Muhammad Mashduqi,Kurniawan, Pini Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.