Implementasi Kebijakan Program Ambulance Gratis Terhadap Pelayanan Sosial Masyarakat di Desa Pematang Rahim Kecamatan Mendahara Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Timur – Jambi

Authors

  • Samsir Institut Islam Al-Mujaddid SabakJambi, Indonesia
  • Risma Saraswati STAI Nadlatul Ulama Madiun, Indonesia
  • Anatun Nisa Mun'amah Institut Islam Al-Mujaddid SabakJambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59698/swakarya.v3i1.437

Keywords:

Program Ambulance Gratis, Akses Kesehatan, Pelayanan Sosial, , Sosialisasi, Tantangan Implementasi, Kesehatan Masyarakat.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Program Ambulance Gratis di Desa Pematang Rahim, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, serta dampaknya terhadap akses masyarakat terhadap layanan kesehatan, khususnya dalam situasi darurat. Program ini diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat yang tinggal di daerah terpencil untuk mendapatkan pertolongan medis segera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tindakan medis cepat, serta mengurangi waktu tunggu saat terjadi keadaan darurat. Namun, kendala yang ditemukan termasuk keterbatasan jumlah ambulans, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat mengenai prosedur penggunaan layanan, dan masalah operasional lainnya, seperti perawatan armada yang tidak memadai. Penelitian ini menyarankan penambahan jumlah ambulans, peningkatan sosialisasi kepada masyarakat, serta perawatan armada yang lebih baik untuk mengoptimalkan efektivitas program. Melalui pendekatan multisektoral yang melibatkan pemerintah, lembaga kesehatan, dan masyarakat, program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas kesehatan di daerah-daerah terpencil.

References

Anggarini, I., & Darma, G. (2021). Peran ambulance gawat darurat "kring sehat" dalam manajemen kesehatan. Bali Health Journal, 5(1), 14-26. https://doi.org/10.34063/bhj.v5i1.249

Ariga, R., Jaya, I., Sufi, A., Ariga, S., Ariga, F., Astuti, S., … & Karnodi, K. (2024). Revolusi manajemen penyakit tidak menular (ptm): inovasi perawatan mandiri berbasis web di desa kelambir lima kebun deli serdang. Jukeshum Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 336-342. https://doi.org/10.51771/jukeshum.v4i2.1035

Aulia, A. (2022). Ketersediaan fasilitas kesehatan yang kurang menyeluruh. https://doi.org/10.31219/osf.io/6uzms

Dja’far, H., Suprapto, H., & Pamungkas, A. (2024). Layanan sistem informasi pelaporan kinerja bumdes kecamatan tenjolaya kabupaten bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi & Akuntansi (Mea), 8(3), 1736-1747. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4636

Fauziah, R., & Rageta, B. (2024). Layanan bimbingan rohani bagi pasien rawat inap di ruang penyakit dalam rumah sakit islam kota metro. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 6(2), 167-177. https://doi.org/10.32332/8n684546

Hill, J. R., Wiley, D., Nelson, L. M., & Han, S. (2004). Exploring research on Internet-based learning: from infrastructure to interactions. In D. H. Jonassen (Ed.), Handbook of research for educational communications and technology (2nd ed., pp. 433–460). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Hapsari, U., Nihayah, B., Jamilullah, J., Lihawa, W., Nirmala, Y., Sanjaya, D., … & Pranoto, P. (2023). Efektifitas corporate social responsibility pt. sbs dalam menyediakan transportasi prehospital bagi masyarakat di desa air bara, kepulauan bangka belitung. Inov. Jur. Pengabd. Masy. (IJPM), 1(2), 115-122. https://doi.org/10.54082/ijpm.131

Kinanti, A. (2025). Analisis efektivitas sistem pelayanan dinas kesehatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Journal of Social Management Sains and Health, 2(1), 24-34. https://doi.org/10.57235/smash.v2i1.5165

Nasution, I., Khoirunnisa, F., Dewi, S., Siregar, A., & Stiawan, Y. (2024). Masalah dan isu kebijakan kesehatan di indonesia. Jurnal Kesehatan Indra Husada, 12(1), 40-45. https://doi.org/10.36973/jkih.v12i1.586

Rahmawati, R. (2022). Pentingnya peran pemerintah dalam meningkatkan jaminan kesehatan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang adil. https://doi.org/10.31219/osf.io/7vjen

Setiawan, M., & Agustina, D. (2023). Indeks kepuasan peserta bpjs kesehatan terhadap pelayanan fasilitas kesehatan di desa tanjung rejo. G-Couns Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 429-440. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4650

Sulistyo, A., Mamonto, S., Dewi, N., & Florencia, O. (2023). Meningkatkan akses dan kesadaran akan kesehatan melalui mobile clinic: studi kasus di desa-desa terpencil. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(2), 43-53. https://doi.org/10.54783/ap.v4i2.27

Sulistyowati, E., & Zubaidah, M. (2024). Evaluasi manajemen program pencegahan dan pengendalian infeksi di rs tk iii brawijaya: tantangan dan strategi. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 9(2). https://doi.org/10.51933/health.v9i2.1847

Varianus, W. (2024). Menyimak ketidakadilan dalam konteks perkembangan politik di indonesia. Rhizome, 4(2), 52-57. https://doi.org/10.56393/rhizome.v4i2.2419

Wafik, A., Wardiningsih, R., Yusnirmala, R., Rois, I., & Sutanto, H. (2024). Pelatihan standar operasional prosedur dalam rangka penguatan komitmen dan peningkatan kualitas layanan (bumdes lumbung kreatif desa lepak kecamatan sakra timur kabupaten lombok timur). Jurnal Abdimas Independen, 5(2), 105-111. https://doi.org/10.29303/independen.v5i2.1307

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Samsir, Risma Saraswati, & Anatun Nisa Mun’amah. (2025). Implementasi Kebijakan Program Ambulance Gratis Terhadap Pelayanan Sosial Masyarakat di Desa Pematang Rahim Kecamatan Mendahara Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Timur – Jambi. Swakarya: Jurnal Penelitian Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 63–71. https://doi.org/10.59698/swakarya.v3i1.437

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.