ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TARGET PENJUALAN STANDAR GROSIR SEMBAKO VERA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.59698/swakarya.v3i1.346Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi prinsip-prinsip hukum Islam dalam praktik penjualan di Grosir Sembako Vera di Kecamatan Muara Sabak Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Grosir Sembako Vera berhasil menerapkan prinsip kehalalan produk, keadilan dalam penetapan harga, dan transparansi dalam transaksi, yang semuanya berkontribusi pada kepuasan dan loyalitas pelanggan. Meskipun menghadapi tantangan seperti biaya operasional dan kurangnya pemahaman masyarakat tentang produk halal, komitmen grosir untuk menjalankan bisnis sesuai dengan hukum Islam memperkuat reputasinya di pasar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pelaku usaha lain dalam mengadopsi prinsip-prinsip hukum Islam untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka.
References
Adha, S. (2022). Faktor revolusi perilaku konsumen era digital: sebuah tinjauan literatur. Jipis, 31(2), 134-148.
Amalia, N. R., Yulianti, F., & Kadir, A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Bree Sweetandfreeze Banjarmasin (Menggunakan Analisis SWOT). Jurnal Rimba: Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 41-48.
Djamil, N. (2023). Akuntansi Terintegrasi Islam: Alternatif Model Dalam Penyusunan Laporan Keuangan: Islamic Integrated Accounting: Alternative Models in Preparing Financial Statements. JAAMTER: Jurnal Audit Akuntansi Manajemen Terintegrasi, 1(1), 1-10.
Gemilang, G., & Yuliana, N. (2023). PENTINGNYA KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM BISNIS MODERN. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(4), 145-154.
Hariyadi, G. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen berbelanja di minimarket (Studi pada Indomaret dan Alfamart di Semarang). Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 16-32.
Haro, A., Kushariyadi, K., Widyawati, W., Fauziyah, N. N., & Judijanto, L. (2024). Perilaku Konsumen: Esensi, Posisi, dan Strategi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Permana, Y., & Nisa, F. L. (2024). KONSEP KEADILAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 5(2), 80-94.
Ratiwi, R., Anggriani, R. A., Mawati, W. A., & Hasan, Z. (2024). PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN TRANSPARANSI TRANSAKSI DALAM JUAL BELI SYARIAH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 5(9), 137-147.
Sari, A., Putri, A. R. C., Putri, N., Raghil, M., Panjaitan, R. D., & Riofita, H. (2024). Motivasi Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di PT. Coca Cola Official Distributor di Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan manajemen Indonesia, 2(02), 39-46.
Winoto, E. S., & Arifin, M. (2024). Penentuan Lokasi Pusat Distribusi Alternatif Gudang Beras di Kerisedenan Surakarta melalui Pendekatan Metode Center of Gravity. Jurnal TRINISTIK: Jurnal Teknik Industri, Bisnis Digital, dan Teknik Logistik, 3(1), 1-8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tasya Ramadhaningsih, Madinatul Munawwarah, Alisyah Pitri, Nilfatri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.