STRATEGI MENGATASI DAMPAK KEKURANGAN TENAGA PENGAJAR DI SANGGAR TERAS MILITAN TERHADAP PEMBELAJARAN ANAK YANG ADA DI DESA PEMATANG RAHIM
DOI:
https://doi.org/10.59698/swakarya.v2i2.306Keywords:
kekurangan tenaga pengajar, strategi pembelajaran, Desa Pematang Rahim, partisipasi masyarakat, pendidikan anakAbstract
Kekurangan tenaga pengajar menjadi salah satu permasalahan utama dalam pembelajaran di Sanggar Teras Militan, Desa Pematang Rahim. Kondisi ini berdampak pada proses pembelajaran anak-anak di desa tersebut, yang berpotensi menghambat perkembangan kognitif dan sosial mereka. Artikel ini membahas strategi-strategi yang diterapkan untuk mengatasi dampak kekurangan tenaga pengajar di sanggar tersebut, termasuk pelibatan masyarakat, optimalisasi sumber daya lokal, dan penggunaan metode pembelajaran alternatif. Pengabdian ini menggunakan metode partisipatif yang melibatkan guru, masyarakat, dan anak-anak dalam proses perencanaan dan pelaksanaan strategi. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi-strategi yang diterapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran meski terdapat keterbatasan tenaga pengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya peran komunitas dalam mendukung proses pembelajaran ketika sumber daya pendidikan terbatas
References
Afif, Nur. 2022. “Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal Dan Implementasinya Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11(03):1041–62.
Ambarita, Jenri, Ester Yuniati, and Ica Purnamasari. 2021. “Problematika Orang Tua Dalam Menjalankan Perannya Sebagai Guru Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3):1819–33.
Ardiansyah, M. Ardiansyah M. 2021. “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif.” in Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi). Vol. 5.
Budiyono, Budiyono. 2020. “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Di Era Revolusi 4.0.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6(2):300–309.
Djauhari, Moch, Rama Abi Kumara, Andini Putri, A. Yusuf, Muclis Adi, and Rona Ayu. 2021. “Pendekatan Partisipatif Dalam Memberdayakan Pemasaran Online UMKM Di Kampung Krupuk Sukolilo Surabaya.” Prapanca: Jurnal Abdimas 1(1):28–36.
Elyas, Ananda Hadi. 2018. “Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Warta Dharmawangsa (56).
Febriani, Nufian S., and Wayan Weda Asmara Dewi. 2018. Teori Dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Universitas Brawijaya Press.
Goraph, Frets Alfret, and Ernest Sengi. 2020. “Metode Partisipatif Dalam Penyusunan Peraturan Desa Di Desa Pitu Maluku Utara.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 4(2):181–92.
Handoko, Eko Yuli, and Karina Pradinie Tucunan. 2021. “Pemetaan Desa Menggunakan Metode Partisipatif Untuk Pembangunan Desa Dan Kawasan (Desa Ngepung, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur).” Sewagati 5(1):30–35.
Irwan, Irwan, Fauqa Nuri Ichsan, Nurhizrah Gistituati, and Sufyarma Marsidin. 2021. “Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Pada Masa Darurat Covid 19.” Jurnal Manajemen Pendidikan 9(2):89–95.
Khotimah, Sita Husnul, Titin Sunaryati, and Sri Suhartini. 2020. “Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya Dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):676.
Lutfiwati, Sri. 2020. “Motivasi Belajar Dan Prestasi Akademik.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 10(1):53–63.
Miftakhi, Diah Rina, and Feri Ardiansah. 2020. “Peranan Orang Tua Siswa Dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran Dari Rumah Secara Online.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 3(2):151–58.
Mustafa, Pinton Setya, and Wasis Djoko Dwiyogo. 2020. “Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Indonesia Abad 21.” Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA) 3(2):422–38.
Perdana, Fahmi Rafika. 2019. “Pemberdayaan Berbasis Partisipasi Masyarakat Melalui Program Kampung Ramah Anak Di Badran Kota Yogyakarta.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan 3(1):161–88.
Putri, Dini Palupi. 2018. “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital.” AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 2(1):37–50.
Saudah, Saudah, Sri Hidayati, and Resti Emilia. 2022. “Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Membangun Kemandirian Anak Usia Dini.” NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education 5(1):51–62.
Setiawan, Eko, and Nurliana Cipta Apsari. 2019. “Pendidikan Inklusif: Upaya Mewujudkan Kesetaraan Dan Non Diskriminatif Di Bidang Pendidikan Bagi Anak Dengan Disabilitas (AdD).” Sosio Informa 5(3).
Sudarsana, I. Ketut. 2018. “Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme).” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 1(1):8–15.
Susanty, Sri. 2020. “Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar.” Jurnal Ilmiah Hospitality 9(2):157–66.
Syukur, Fatah. 2021. “Model Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Islam Pada SD Nasima Semarang.” Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi) 7(01):1–14.
Taib, Bahran, Dewi Mufidatul Ummah, and Yuliyanti Bun. 2020. “Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 2(2):128–37.
Udhiyanasari, Khusna Yulinda. 2019. “Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II Di SDN Manahan Surakarta.” SPEED Journal: Journal of Special Education 3(1):39–50.
Widianto, Edi. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Journal of Education and Teaching 2(2):213–24.
Wiguna, IBAA. 2020. “Efektivitas Penerapan Metode Hypnoteaching Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa.” PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran 4(2):66.
Yuangga, Kharisma Danang, and Denok Sunarsi. 2020. “Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Pandemi Covid-19.” JGK (Jurnal Guru Kita) 4(3):51–58.
Yulianingsih, Wiwin, Suhanadji Suhanadji, Rivo Nugroho, and Mustakim Mustakim. 2020. “Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1138–50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jamiah, Alisyah Pitri, Achmad Hidayat Ritonga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.