Pendekatan Ekonomi Islam dalam Strategi Pemasaran Salon Lily untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Tanjung Jabung Timur

Authors

  • Lilipulmasari Institut Islam Al-Mujaddid Sabak
  • Sarmilah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hasna Dewi Institut Islam Al-Mujaddid Sabak
  • Tryana Wulandari Institut Islam Al-Mujaddid Sabak

DOI:

https://doi.org/10.59698/swakarya.v2i1.301

Keywords:

stunting, pencegahan, sosialisasi, edukasi, kesehatan masyarakat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Salon Lily di Tanjung Jabung Timur dan menilai kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Salon Lily sebagai salah satu penyedia jasa kecantikan di daerah tersebut berusaha memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin beragam, terutama dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai Islami dalam kegiatan ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Salon Lily meliputi pendekatan layanan berkualitas, penetapan harga yang adil, serta promosi yang memperhatikan etika Islami. Namun, masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti transparansi dalam harga dan penggunaan produk halal. Kesimpulannya, penerapan strategi pemasaran yang sesuai dengan prinsip ekonomi Islam dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan usaha yang berkelanjutan di Tanjung Jabung Timur.

References

Al Mustaqim, D. (2023). Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Sebagai Pendorong Ekonomi Berkelanjutan Berbasis Maqashid Syariah. AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics, 1(1), 26-43.

Arifin, M. F., & Rahman, A. (2024). Analisis Strategi Pengembangan pada Aspek Manajemen Industri Halal dalam Perspektif Ekonomi Islam. RIKAZ, 36-47.

Azizah, S. N., & Muhfiatun, M. (2018). Pengembangan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal pandanus handicraft dalam menghadapi pasar modern perspektif ekonomi syariah (Study Case di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta). Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 17(2), 63-78.

Enjelita, A. L. (2024). Analisis Harga Jual Buah Pisang Di Pasar Parang Magetan Berdasarkan Teori Penetapan Ibnu Khaldun (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Firmanda, H. (2014). Syari ah Card (Kartu Kredit Syariah) Ditinjau dari Asas Utilitas dan Maslahah. Jurnal Ilmu Hukum Riau, 4(2), 9163.

Harahap, D., & Lubis, R. H. (2021). Problematika perilaku konsumen lembaga keuangan dan perbankan islam. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 8(1), 137-153.

Ihsani, A. N. N. (2012). Pengembangan Salon Kecantikan Sebagai Pilihan Usaha Lulusan Tata Kecantikan. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 7(1).

Inayah, I. N. (2020). Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam Dalam Investasi Syariah. Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Bisnis Syariah (AKSY), 2(2), 88-100.

Iswanto, J., Musthofa, M. S., & Rahayu, B. P. (2023). Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Penjualan Di Era Disrupsi Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Dapur Onah Donat Dan Cake Di Desa Werungotok Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk). Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 10(2), 168-177.

Jah, J. I. (2024). konsep halal haram dalam ekonomi islam. J-EBI: Jurnal Ekonomi Bisnis Islam, 3(02).

Nuralam, I. P. (2017). Etika pemasar dan kepuasan konsumen dalam pemasaran perbankan syariah. Universitas Brawijaya Press.

Pardiansyah, E. (2017). Investasi dalam perspektif ekonomi islam: pendekatan teoritis dan empiris. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 337-373.

Permana, Y., & Nisa, F. L. (2024). KONSEP KEADILAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 5(2), 80-94.

Permata, S., & Azmi, I. (2020). Tinjauan Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pusat Kuliner Di Jalan Tondong Kecamatan Sinjai Utara. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 36-44.

Sasongko, D. F., Budianto, E. W. H., Arkaan, D. U., & Herawati, A. (2024). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Dalam Sistem Ekonomi Syariah Pada Umkm Halal Melalui Produk Pembiayaan Syariah. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(4), 1303-1320.

Wardani, Y. M., & Ridlwan, A. A. (2022). Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Membangun Loyalitas Pelanggan Pada PT. Tanjung Abadi. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 37-52.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Lilipulmasari, Sarmilah, Hasna Dewi, & Tryana Wulandari. (2024). Pendekatan Ekonomi Islam dalam Strategi Pemasaran Salon Lily untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Tanjung Jabung Timur. Swakarya: Jurnal Penelitian Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.59698/swakarya.v2i1.301

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.