Analisis Nilai Pendidikan dalam Novel Surat Dahlan Karya Khrisna Pabichara Tinjauan Sosiologi Sastra
Keywords:
nilai pendidikan, surat dahlan, karya khrisna pabichara, tinjauan sosiologi sastraAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan niai pendidikan sosial dan budaya dalam novel Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara ditinjau dari sosiologi sastra. Nilai-nilai sosiologis yang terdapat dalam novel Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara di deskripsikan untuk di analisis dan di simpulkan. Jenis penelitian ini ini adalah penelitian kepustakaan. Dikatakan penelitian kepustakaan karena penelitian ini didukung oleh referensi baik berupa teks novel, maupun buku penunjang lainnya yang mencakup penelitian ini. Objek penelitian ini adalah aspek sosiologi sastra yang mencakup nilai pendidikan sosial dan pendidikan budaya yang terdapat dalam novel Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara. Tekhnik dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi. Metode analisis isi biasanya digunakan untuk menelaah isi dari suatu dokumen, dalam penelitian ini, dokumen yang dimaksud adalah novel Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara. Data yang diambil dari penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer diambil dari novel Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku dan jurnal yang terkait dengan penelitian ini.
References
Aisyah, Susianti. 2013. Nilai-nilai sosial yang terkandung Cerita Rakyat Ence Sulaiman pada Masyarakat Romia. Jurnal Ilmu Budaya. Vol 5. No.1. 1-7.
Akbar, Syahrizal dkk. 2013. Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam novel Tuan Guru karya Salman Faris. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vol 1. No.1. 54-68.
Gusal, La Ode. 2015. Nilai- nilai pendidikan dalam cerita rakyat Sulawesi Tenggara karya La Ode Sidu. Jurnal Humanika. Vol 3. No. 15. 1-18.
Mashita, Mutia dkk. 2013. Nilai-nilai pendidikan dalam Novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1. No. 2. 85-94.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2014. Prinsip-Prinsip Karya Sasta. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.
Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rohmadi, Muhammad dkk. 2013. Kajian Pragmatik. Surakarta: Yuma Pustaka
Siswanto, Wahyudi. 2012. Teori Sastra. Jakarta: PT Grasindo.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sunoto. 2017. Nilai Budaya dalam Mantra Bercocok tanam Padi di Desa Ronggo, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. Vol 1. No. 1. 25-45
Suriasumantri, Jujun S. 2016. Filsafat Ilmu. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Suroto. 2015. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Teng, H. Muhammad Bahar Akkase. 2017. Filsafat Kebudayaan dan Sastra dalam Perspektif Sejarah. Jurnal Ilmu Budaya. Vol 5. No. 1. 69-75.
Yanti, Citra Salda. 2015. Religiositas Islam dalam novel Ratu yang bersujud karya Amrizal Mochamad Mahdavi. Jurnal Humanika. Vol 3. No. 3. 1-15.
Nurhidin, E., & Habibah, M. Transforming Islamic Religious Education Learning through Differentiated Learning in the Merdeka Curriculum. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 2, 77-90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Zubaidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.