Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Rasio dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif di Sekolah Dasar

Authors

  • Anak Agung Istri Putri Puspadewi
  • Novita Eka Muliawati
  • Hurin Inniyatus Sa'adah

Keywords:

hasil belajar, matematika, media powerpoint, problem based learning, sekolah dasar

Abstract

Rendahnya nilai hasil belajar matematika, khususnya terkait materi rasio, menjadi latar belakang dari penelitian ini. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai siswa yang hanya mencapai 65,54, sedangkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan adalah 70. Salah satu faktor yang menyebabkan tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa yang rendah adalah kegiatan belajar mengajar yang masih bersifat terpusat pada guru. Dalam proses belajar mengajar, guru cenderung mengandalkan media papan tulis dan buku, sehingga siswa menjadi pasif dan mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika mengenai rasio melalui penerapan model Problem Based Learning dengan bantuan media PowerPoint interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus perbaikan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 2 Sumita pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 14 siswa, dengan rincian 6 laki-laki dan 8 perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes tulis, lembar observasi, dan lembar kerja siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran matematika mengenai materi rasio melalui penerapan model Problem Based Learning dengan bantuan media PowerPoint terbukti berhasil meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini ditunjukkan pada Siklus I, di mana siswa memperoleh skor rata-rata 66,07, dan dari 14 siswa terdapat 8 orang yang aktif, yang berarti sebesar 57,14%. Sementara itu, pada Siklus II, siswa memperoleh skor rata-rata 87,50, dengan 12 siswa yang aktif, atau sebesar 85,71%. Lebih lanjut, penelitian ini juga menunjukkan peningkatan nilai siswa pada Siklus I dan II. Dalam pelajaran matematika mengenai materi rasio, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan masing-masing menjadi 77,64 dan 91,32. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa setiap siklus perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning yang dibantu oleh media PowerPoint dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

References

Al Husna, L., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tanah Datar. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1-12.

Besare, S. D. (2020). Hubungan minat dengan aktivitas belajar siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18-25.

Endayani, Henni. (2023). Bahan Ajar Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Erviana, Sulisworo, dkk. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Virtual Reality untuk Peningkatan HOTS Siswa. Yogyakarta: K-Media.

Febrianti, M. D., & Mufidah, L. (2024). Pentingnya Konteks dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika pada Anak Sekolah Dasar Kelas 2. SEMNASFIP.

Kasmantoro, H., Patonah, S., & Maryati, M. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Fase A. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 24-31.

Munthe, L. S. (2023). Pengaruh minat dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Tugas_ Akhir (Artikel) Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1321-1331.

Nurhidin, E., & Habibah, M. Transforming Islamic Religious Education Learning through Differentiated Learning in the Merdeka Curriculum. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 2, 77-90.

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68-84.

Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Silvi, F., Witarsa, R., & Ananda, R. (2020). Kajian Literatur tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3360-3368.

Sugeng, S., Marzuki, M., & Marli, S. (2020). Hubungan Antara Self Efficacy, Disiplin, Tanggung Jawab, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(1).

Tarmoko, Sutrisno, dan Purnomo. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Ms. Powerpoint dan Multimedia untuk Pembelajaran Matematika. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Wahyuni, S., Laila Fatmawati, T. K., & Hartini, S. (2020). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Daring Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Bantar. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 153-166.

Wardani & Wihardit. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Anak Agung Istri Putri Puspadewi, Novita Eka Muliawati, & Hurin Inniyatus Sa’adah. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Rasio dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif di Sekolah Dasar. Nasir: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 53–64. Retrieved from https://afeksi.id/journal3/index.php/nasir/article/view/423

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.