Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Al-Ba’i Kelas X Madrasah Aliyah

Authors

  • Sumani Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
  • Fuad Fitriawan
  • Abdah Munfaridatus Sholihah

DOI:

https://doi.org/10.59698/nasir.v2i2.252

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Fiqih, Materi Al-Ba’i

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi Al-Ba’i kelas X MA Ma’arif Klego Ponorogo tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan prosedur pengumpulan data melalui teknik angket, pre-test dan post-test. Data yang terkumpul terkait dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar siswa dianalisis secara korelasional dengan menggunakan mean, median, tabel distribusi frekuensi kumulatif dan relatif sedangkan data tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap terhadap hasil belajar siswa dianalisis secara korelasional, dengan rumus product moment, uji hipotesis dan analisis determinasi. Hasil analisis korelasioanal data menunjukan bahwa terdapat korelasi positif antara model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi Al-Ba’i. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment sebesar 1,00 lebih besar dari koefisien dalam tabel 0,576 pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif antara model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi Al-Ba’i kelas X MA Ma’arif Klego Ponorogo.

References

As’ary, M. 2019. Buku Siswa Fikih Kelas X Madrasah Aliyah. Jakarta; Kementerian Agama Republik Indonesia.

Ahmad, Alfan. 2014. Buku Siswa Fikih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta; Kementrian Agama 2014.

Burhana, Awaludin dkk. 2021. Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Cara Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar. Surabaya: Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian ke-III.

Hafni Sahir, Syafrida. 2021. Metodologi Penelitian. Jogjakarta: KBM Indonesia IKPI.

Halim, Desvian, Ilon Wicaksono. 2014. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd Negeri Panjunan 02 Tahun 2014”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Handayani, R.H & MuhammadI. 2020. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SD”. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Hamidah Suryani, Syamsidah &. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Hardani, dkk. 2020. Metode penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.

Hotimah, Husnul. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jember Jurnal Edukasi. V(3)

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhyi, Muhammad, dkk. 2018. Metodologi Penelitian. Surabaya: Adi Buana University Press.

Mukhibat, M., Fitri, N. F & Hartati, A. S. 2018. Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru-guru (POKJA RA) Poncol di Magetan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM).

Nurdyansyah, Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Nuryadi, dkk. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Grama Surya.

Salahuddin, Marwan. 2019. Statistika Pendidikan Islam Metode Analisis Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Q-MEDIA.

Sofyan, Herminato dkk. 2017. Problem Based Learning Dalam Kurikulum 20013. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardani, Fortuna. 2017. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas IV”. Skripsi.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group Cet. I.

Zaini, Mohamad. 2021. Manajemen Pembelajaran Kajian Teoritis Dan Praktis. IAIN Jember Press.

Zainuri, Ahmad & Sumarto. 2023. Manajemen Kurikulum Merdeka. Bengkulu; buku literasiologi anggota IKAPI.

Nurhidin, E., & Habibah, M. Transforming Islamic Religious Education Learning through Differentiated Learning in the Merdeka Curriculum. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 2, 77-90.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Sumani, Fuad Fitriawan, & Abdah Munfaridatus Sholihah. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Al-Ba’i Kelas X Madrasah Aliyah. Nasir: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 91–98. https://doi.org/10.59698/nasir.v2i2.252

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.