Penerapan Metode Show and Tell untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.59698/nasir.v3i1.438Keywords:
metode show and tell, sikap percaya diri, IPSAbstract
Rendahnya sikap percaya diri siswa kelas IV MI dalam pembelajaran IPS merupakan latar belakang dilakukannya penelitian ini. Kepercayaan diri merupakan salah satu sikap yang penting dimiliki siswa untuk dikembangkan. Meningkatkan sikap percaya diri siswa melalui penerapan metode show and tell pada mata pelajaran IPS merupakan tujuan dari penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siswa dengan jumlah 21 orang merupakan subjek penelitian ini. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dengan instrumen berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta lembar wawancara. Indikator keberhasilan ditetapkan sebesar 75% siswa yang menunjukkan sikap percaya diri dalam kategori sangat baik. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam PTK ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap percaya diri yang signifikan. Pada pra-siklus, hanya 42,85% siswa berada pada kategori sangat baik, lalu meningkat menjadi 57,14% pada siklus I, dan mencapai 80,95% pada siklus II. Selain itu, siswa mulai berani melakukan presentasi di depan kelas dan menunjukkan partisipasi aktif selama proses pembelajaran. Capaian ini menunjukkan bahwa implementasi metode show and tell dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa selama pembelajaran IPS. Penelitian ini turur memberikan kontribusi baik secara teoretis maupun praktis sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru di kelas, meskipun masih memiliki keterbatasan. Oleh karena itu, disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk mengkaji variabel lain yang turut memengaruhi perkembangan sikap percaya diri siswa.
References
Andiwijaya, D., & Liauw, F. (2020). Pusat Pengembangan Kepercayaan Diri. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(2), 1695.
Anggreani. (2017). Penerapan Bermain Untuk Membangun Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Joernal of Early Childhood and Inclusive Education.
Darmawan, D., & Handayani, N. (2019). Peningkatan Sikap Percaya Diri Warga Velajar Melalui Kegiatan Project Class Pada Program Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 95–104.
Hasanah, N. (2015). Dampak Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Di Kota
Hasnah, Fajar, & Fajriyanti, N. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Show and Tell pada Materi Iklan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 233–239.
Kaltsum, R. I. (2018). Penerapan Metode Diskusi Show and Tell dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi pada Siswa Kelas 3 SD. Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–9.
Khoerunissa, T., & Darmiyanti, A. (2022). Meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia dini 5-6 tahun dengan kegiatan mendeskripsikan benda-benda di lingkungan sekolah. 8, 29–36.
Kustiani, L., Andayani, E., Hariyani, L., & Indawati, N. (2016). Bahan ajar mata kuliah wawasan IPS sebagai kajian dalam pembentukan sikap dan nilai. Media Nusa Creative.
Lestari, T., Yasbiati, & Nurlaela, M. (2017). Penggunaan Metode Show and Tell Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 129–136.
Lidya, C., & Roedy, A. (2018). Korelasi Rasa percaya Diri dengan Keterampilan Sosial Di Sekolah Pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.
Lutfiah, K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Dan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Attarbiyah, 26, 309.
Mardawani, E. Y. S. dan. (2021). Konsep Dasar IPS. deepublish.
Mulyasa, E. (2008). Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya.
Musfiroh, T. (2011a). Show and Tell Edukatif Untuk Pengembangan Empati, Afiliasi-Resolusi Konflik, dan Kebiasaan Positif Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan, 41, 129–143.
Nurjanah, L., Handayani, S., & Gunawan, R. (2021). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Dunia Pendidikan. 3(2).
Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 171–179.
Pritama, D. (2015). Studi Tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Negeri 1 Pengasih. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Purwanto, N. (2020). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT REMAJA ROSDAKARYA.
Rahmayanti, I. M. & Parmiti, D. P. (2020). Penerapan Metode Show And Tell Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Gender and Society Journal, 1(2), 50-54.
Sakinah, L., Nurochmah, A., & Uswatun, D. A. (2020). Penerapan Show And Tell Method Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di Kelas Rendah. Jurnal Persada, 3(1), 15–20.
Salirawati, D. (2012). Percaya Diri, Keingintahuan, dan Berjiwa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 213–224.
Siska, Y. (2016). Konsep dasar IPS (A. Wicaksono (ed.)). Garudhawaca.
Slameto. (2010). Belajar Dan faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Subrata, H. (2019). Penggunaan Metode Show and Tell Pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Depan Umum Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 9(8), 2983–2992.
Sugiyono, Iyes, U., & Kartono. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Metode Scramble Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–9.
Suprapto, Y. (2016). Teori dan Prinsip IPS Dalam Perspektif Geografi Di Sekolah Dasar. 5(1), 11–23.
Uzer, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show and Tell Siswa Sd Negeri 97 Palembang. PERNIK Jurnal PAUD, 4(1), 78–89.
Wanto, A. H. (2018). Strategi Pemerintah Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Khilawatun Niswa, Yogi Kuncoro Adi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.