Interkoneksi Teori Behaviorisme dengan Hafalan Hadits dalam Pembelajaran PAI Berbasis Drilling

Authors

  • Alya Shofi Fathia UIN Salatiga
  • Ruwandi

DOI:

https://doi.org/10.59698/nasir.v3i1.444

Keywords:

Behaviorisme, Hafalan, Drilling

Abstract

Pendidikan agama merupakan hal penting bagi siswa, dikarenakan materi yang termuat adalah untuk kebaikan kehidupan dunia dan akhirat. Namun, kesenjangan motivasi siswa yang telah dipaparkan diatas tentunya sangat menghambat keberlangsungan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan metode drilling pada materi hafalan hadits dalam pembelajaran PAI di SD SIKL 2) memaparkan interkoneksi teori behaviorisme dengan materi hafalan hadits dalam pembelajaran PAI berbasis drilling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian direduksi, disajikan dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan drilling pada materi hafalan hadits dilakukan melalui 3 tahap, yakni pembukaan yang diisi oleh penyampaian konsep dan hakikat dari materi pelajaran, selanjutnya tahap pelakasanaan metode drilling dengan target capaian hafalan hadits tentang saling menghormati dan menyayangi, dan ditutup dengan penguatan serta motivasi oleh guru PAI. 2) metode drilling memberikan implikasi pada sikap siswa yang semakin akrab dengan teman sebaya dan menghormati para tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan sekolah. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa adanya kaitan dan koneksi antara teori behaviorisme dengan materi hafalan hadits dalam pembelajaran PAI yang dilakukan dengan metode drilling.

References

Antoni, A. (2024). Implementasi Teori Operant Conditioning B.F. Skinner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 181–191. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.84

Arifin, Z., & Humaedah. (2021). Application of Theory Operant Conditioning BF Skinner’s in PAI Learning (Penerapan Teori Operant Conditioning B.F Skinner Dalam Pembelajaran PAI). Journal of Contemporary Islamic Education, 1(2), 101–110.

Dona, R. (2024). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran PAI di SDIT Cahaya Hati Bukittinggi. Journal of Student Research, 2(3), 51–61.

Hatija, M. (2023). Implementasi Teori-Teori Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(02).

Jamroh, N. M. B., & Nisa, K. (2021). Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. Tadris al-Tarbiyah: Jurnal kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 317–333.

Latipah, S. L., Maulidina, A., Sukma Ria Qurrota Ayun, Z., Komalasari, R., & Asiah, S. (2024). Penerapan Metode Drill And Practice Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Mau’izhoh, 6(1), 754–764. https://doi.org/10.31949/am.v6i1.8550

Lestari, W. R., Ruslan Wahyudin, U., & Abidin, J. (2021). Efektivitas Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penddika Tambusai, 5(2), 3847–3851.

Majid, M. F. A. F., & Suyadi. (2020). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran PAI. Konseling:Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(3), 95–103. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v7i1.1837

Mardiana, I. N. (2022). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 182–187. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45821

Nasution, Z. A., & Prastowo, A. (2021). Analisis Pembelajaran Berbasis Teknologi Model Drill and Practice Untuk Mi/Sd. El Midad, 13(1), 10–14. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i1.2972

Nurtiani, A. T., Zulfikar, T., & Silahuddin, S. (2023). Integrasi Metode Drill Dalam Mata Kuliah Fiqih Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 10(2), 65–75. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i2.2202

Pratama, Y. A. (2019). Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718

Rahmah, N. W., & Aly, H. N. (2023). Penerapan Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 6(1), 89–100.

Rahmiwati. (2022). Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Materi Al Quran Adalah Pedomanku Pada Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 2 Sigli Pidie Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Jurnal Sains Riset, 12(April), 102–108.

Rozi, F., & Arifin, S. (2025). Impelementasi Teori Belajar Behavioristik B.F Skinner dalam Memotivasi Siswa Pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar TaQu Cahaya Ummat Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika, 6(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Alya Shofi Fathia, & Ruwandi. (2025). Interkoneksi Teori Behaviorisme dengan Hafalan Hadits dalam Pembelajaran PAI Berbasis Drilling. Nasir: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.59698/nasir.v3i1.444

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.