Strategi Guru dalam Mengatasi Kesalahan Gerakan Shalat pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Fitri Ana Aqrimah

DOI:

https://doi.org/10.59698/nasir.v2i1.422

Keywords:

strategi, guru, kesalahan gerakan shalat, siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi guru dalam mengatasi kesalahan gerakan shalat pada siswa Sekolah Dasar melalui pendekatan Studi Kepustakaan (Library Research). Metode penelitian ini dilakukan dengan menelusuri, mengkaji, dan menganalisis berbagai literatur yang relevan, seperti buku, jurnal, artikel ilmiah, serta sumber terpercaya lainnya yang membahas pendidikan agama Islam, metode pembelajaran shalat, dan pendekatan pedagogis dalam bimbingan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif-kualitatif dengan pendekatan komparatif dan interpretatif guna menemukan strategi efektif bagi guru dalam membimbing siswa agar dapat memperbaiki gerakan shalat sesuai tuntunan syariat Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang efektif meliputi keteladanan guru, pemanfaatan media pembelajaran seperti video, serta kolaborasi dengan orang tua. Implementasi strategi ini tidak hanya membantu siswa dalam memperbaiki gerakan shalat, tetapi juga menanamkan kesadaran akan pentingnya shalat sebagai ibadah utama dalam Islam. Pembiasaan dan bimbingan yang berkelanjutan, diharapkan siswa dapat menjalankan shalat dengan benar, khusyuk, dan penuh kesadaran, sehingga membentuk karakter disiplin serta kecintaan terhadap ibadah sejak dini.

References

Aladdiin, H. M. F., & Ps, A. M. B. K. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2).

Ridwan, M., & Iksan, M. (2024). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Materi Shalat pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 10(1), 136-148.

Rini, H. P. (2024). Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Lakeisha.

Hayati, M., Urifah, D., & Hasanah, N. (2024). Meningkatkan Pemahaman Shalat: Efektivitas Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Ii Sd'aisyiyah 1 Mataram. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 636-652.

Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157-170.

Sanulita, H., Syamsurijal, S., Ardiansyah, W., Wiliyanti, V., & Megawati, R. (2024). Strategi Pembelajaran: Teori & Metode Pembelajaran Efektif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Azizah, I. N., & Utami, R. D. (2023). Gerakan Literasi Keagamaan sebagai Strategi Pembinaan Karakter Religius pada Siswa Sekolah Dasar. QUALITY, 11(1), 51-66.

Ariyanti, L. F. (2020). Strategi orang tua millenial dalam menanamkan kesadaran menjalankan shalat lima waktu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 80-91.

Al Mahfani, M. K. (2008). Berkah Shalat Dhuha. WahyuMedia.

Sari, N., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Structure Numbered Heads Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Mts Al–Fathaanah Mempawah Hilir. Jurnal Alphaeuclidedu Jurnal Keilmuan Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 199.

Al-Ghazali, I. (2019). Rahasia Shalatnya Orang-Orang Makrifat. Pustaka Media.

Zahwa, A. (2010). Shalat Saat Sulit. Penerbit Agromedia Pustaka.

Yasyakur, M. (2016). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan kedisiplinan beribadah sholat lima waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 35-35.

Hurairoh, H. (2023). Implementasi Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Ibadah Shalat pada Siswa Kelas IV SD Negeri 173568 Pintu Batu Kecamatan Silaen Kabupaten Toba. Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 564-574.

Susanto, A. (2015). Bimbingan & konseling di taman kanak-kanak. Prenada Media.

Janah, S. W., Nikmah, S. S., Bariyah, Z., Maulidin, S., Nawawi, M. L., & Jazuli, S. (2024). Strategi Orang Tua Dalam Menanamkan Kesadaran Ibadah Sholat Pada Anak Usia Dini: Studi Kasus Di Kampung Srikaton Kecamatan Anak Tuha. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 56-68.

Umam, C. (2020). Inovasi Pendidikan Islam: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. CV. Dotplus Publisher.

Mufidah, S. F., Mudiono, A., & Wahyun, S. (2023). Peran Orang Tua Membangun Karakter Agama Anak Melalui Belajar dari Rumah pada Masa New Normal. Journal of Instructional and Development Researches, 3(4), 147-162.

Rahmawati, A. (2022). Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini. LovRinz Publishing.

Nasution, U. F., Harahap, H. S., & Harahap, M. (2024). Efektifitas Menggunakan Media Gambar Pada Materi Shalat Dalam Meningkatkan Memori Siswa Bidang Studi Fiqih Kelas Ii Sd Al Washliyah Bromo. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5244-5250.

Rahmah, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi pembelajaran. Evaluasi Pembelajaran.

Zulfikar, M. Y., & Azzahro, S. (2024). Penerapan metode Talaqqi dalam program tahfidz anak usia dini di Rumah Tahfidz Desa Beji. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1755-1766.

Salmah, N. U. (2018). Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan di TK ABA Sidomulyo II Bantul Yogyakarta. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 15-34.

Karnia, N., Lestari, J. R. D., Agung, L., Riani, M. A., & Pratama, M. G. (2023). Strategi pengelolaan kelas melalui penerapan metode role playing dalam meningkatkan partisipasi siswa di kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 121-136.

Janah, S. W., Nikmah, S. S., Bariyah, Z., Maulidin, S., Nawawi, M. L., & Jazuli, S. (2024). Strategi Orang Tua Dalam Menanamkan Kesadaran Ibadah Sholat Pada Anak Usia Dini: Studi Kasus Di Kampung Srikaton Kecamatan Anak Tuha. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 56-68.

Umam, C. (2020). Inovasi Pendidikan Islam: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. CV. Dotplus Publisher.

Mufidah, S. F., Mudiono, A., & Wahyun, S. (2023). Peran Orang Tua Membangun Karakter Agama Anak Melalui Belajar dari Rumah pada Masa New Normal. Journal of Instructional and Development Researches, 3(4), 147-162.

Nurhidin, E., & Habibah, M. Transforming Islamic Religious Education Learning through Differentiated Learning in the Merdeka Curriculum. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 2, 77-90.

Rahmawati, A. (2022). Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini. LovRinz Publishing.

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Fitri Ana Aqrimah. (2024). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesalahan Gerakan Shalat pada Siswa Sekolah Dasar. Nasir: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 42–52. https://doi.org/10.59698/nasir.v2i1.422

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.