Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleran pada Siswa SMA

Authors

  • Muhammad Munif Universitas Nurul Jadid Probolinggo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59698/nasir.v2i1.245

Keywords:

peran, guru pai, nilai toleran, siswa SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai toleransi pada siswa SMA. Dengan menggunakan pendekatan pada ajaran agama serta mempraktikkan dialog terbuka, guru berhasil mengajarkan pentingnya menghormati perbedaan keyakinan, memahami sudut pandang orang lain, dan mengembangkan sikap inklusif. Guru berperan sebagai model dalam menghormati keberagaman dan menentang segala bentuk diskriminasi. Lingkungan belajar yang nyaman dan aman juga merupakan prasyarat, di mana setiap siswa merasa didengar, dihargai, dan terlindungi dari segala bentuk perlakuan yang merendahkan martabatnya. Kolaborasi yang erat dengan orang tua dan masyarakat merupakan kunci untuk memperkuat nilai-nilai toleransi tidak hanya di dalam sekolah, tapi juga di luar lingkungan pendidikan.

References

Araniri, N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Keberagamaan Yang Toleran. Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 6(1, March), 54-65.

Cerlin, A., Utami, G. D., & Iswara, S. (2024). Peran Ekstrakurikuler dalam Pembentukan Karakter Siswa MTsN 3 Subang. Journal of Education Research, 5(1), 450-459.

Darniyanti, Y., Rahmayati, I., & Filahanasari, E. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantu Canva Mata Pelajaran IPAS untuk Mendukung Merdeka Belajar Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1507-1517.

Fatimah, F., & Winarti, E. (2022). Integrasi Imtak dan Iptek: Landasan dan Faktor Kunci Sukses Penerapannya dalam Pendidikan Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(2), 149-166.

Ghofir, J., & Umam, H. (2020). Transformasi nilai pendidikan keberagamaan pada generasi milenial. Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 14(1), 92-111.

Hakiki, H. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Toleransi Beragama Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Journal of Educational Research, 2(1), 189-204.

Hasan, Z. (2017). Nilai-nilai pendidikan islam pada kisah nabi ibrahim. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 14(2), 423-450.

Helandri, J., & Supriadi, S. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern: Tinjauan Terhadap Praktik Dan Tantangan. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 93-116.

Ismatuddiyanah, I., Meganingrum, R. J. A. A., Putri, F. A., & Mahardika, I. K. (2023). Ciri dan Tugas Perkembangan Pada Masa Remaja Awal dan Menengah Serta Pengaruhnya Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27233-27242.

Juhji, J. (2016). Peran urgen guru dalam pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(01), 51-62.

Magdalena, I., Agustin, E. R., & Fitria, S. M. (2024). Konsep Model Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(1), 1-10.

Minarti, S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif. Amzah.

Muslim, M., Yusri, Y., Syafaruddin, S., Syukri, M., & Wismanto, W. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi (Studi Kasus Di Sd Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru). Journal On Education, 5(3), 10192-10204.

Nelly, N., & Atonis, F. M. (2021). Peran Guru Sebagai Orang Tua Rohani Berdasarkan Surat I Dan Ii Timotius. Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 7(1), 1-15.

Nurfitri, A. D. (2017). Toleransi Beragama Dengan Tepa Slira Dan Empan Papan. Revitalisasi Toleransi Beragama Berbasis Kearifan Lokal, 55.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. Deepublish.

Philips, G., Haq, M. Z., & Zaeni, F. (2022). Young Muslim Voices: Esai Inspirasi dari A Young Muslim’s Guide to The Modern World-Seyyed Hossein Nasr. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Purwaningsih, E. (2015). Mengembangkan sikap toleransi dan kebersamaan di kalangan siswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(2).

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Raharjo, R., Jayadiputra, E., Husnita, L., Rukmana, K., Wahyuni, Y. S., Nurbayani, N., ... & Mahdi, M. (2023). Pendidikan Karakter Membangun Generasi Unggul Berintegritas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ramadhani, N., & Pangestu, R. N. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Budaya: Ras, Perkembangan Teknologi dan Lingkungan Geografis (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), 515-528.

Ului, L. (2023). Strategi Efektif Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Lingkungan Sekolah SMAN 14 Malinau. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 1018-1034.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Muhammad Munif. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleran pada Siswa SMA. Nasir: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.59698/nasir.v2i1.245

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.