Pengembangan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Makan Sehat Bersama di Raudhatul Athfal ‘Aisyiyah Karangan Balong Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.59698/nasir.v3i2.522Keywords:
Kemandirian, Anak Usia Dini, Pembiasaan Makan Sehat BersamaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pengembangan kemandirian anak usia dini. Kualitatif deskriptif merupakan metode penelitian ini. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data dalam penelitian ini. Triangulasi model interaktif merupakan teknik analisis data yang digunakan adalah meliputi tiga hal diantaranya reduksi, menyajikan data, menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di Raudhatul Athfal ‘Aisyiyah Karangan Balong Ponorogo.Hasil penelitian ini yaitu perencanaan pengembangan anak usia dini sesuai dengan STPPA kemudian disusun melalui RPPH yang dilaksanakan setiap hari selasa hingga hari kamis. Hasil evalusi didasarkan dari tiga kategori hasil evaluasi yaitu kategori kemampuan motorik, pengendalian emosi, dan kategori disiplin anak yang diukur dari kriteria penilaian BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Bertkembang), BSH(Berkembang Sesuai Harapan), BSB (Berkembang Sangat Baik). Hasil menunjukkan bahwa ketiga kategori penilaian tersebut bahwa anak RA Aisyiyah Karangan Balong berada pada krietia penilaian BSH (Berkembang Sesuai Harapan).
References
Amalia, V., & Nurfadilah, N. (2020). Pelaksanaan Program Pembiasaan Konsumsi Makanan Sehat Di Dandelion Daycare Plus Depok. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 36–41.
Anastassya, P. (2022). Pembiasaan Mengonsumsi Makanan Sehat Melalui Bekal Menu Sehat Di Tk Kuncup Mekar Banyumas. UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri.
Asmita, L. (2018). Implementasi Metode Latihan Dan Pembiasaan Dalam Proses Perkembangan Kemandirian Anak di RA Siti Asmah Medan Denai Tahun Ajaran 2017/2018 (pp. 11–13). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Azijah, I., & Adawiyah, A. R. (2020). Pertumbuhan dan perkembangan anak: bayi, balita, dan usia prasekolah. Penerbit Lindan Bestari.
Bungin, B. P. D. H. M. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi Kedua. Kencana.
Clear, J. (2018). Atomic habits: An easy & proven way to build good habits & break bad ones. test-2021-03-11.
Hadisi, L. (2015). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 50–69.
Husain, A. Y. U. I. (2023). Pengembangan Perilaku Kemandirian Anak Melaluikegiatan Pembiasaan Pada Kelompok B Di Tamankanak-Kanak Gowata Kabupaten Gowa.
Jannah, M. (2022). Pengaruh Media Film Animasi Little Angel terhadap Perkembangan Kemandirian Fisik Anak Usia Dini 4-5 Tahun di Paud Masyithah Tapi Selo.
Lestari, R. (2018). Mengembangkan Kemandirian Anak Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B2 Di Tk Al-Kautsar Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Lutviana, I. (2021). Pola Pembiasaan makan bergizi bagi anak usia dini di TK IT 01 Qurrota A’yun Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Poerwadarminta, W. J. S., & (Indonesia), P. B. (2003). Kamus umum Bahasa Indonesia (10th ed.). Balai Pustaka.
Purnomo, B., Aziza, D. N., Lestari, I. R. D., Denta, A. E., Hurmatuddin, A., & Purnomosidi, R. Y. K. H. (2025). Target Ekonomi Makro Indonesia Dalam Rpjmn Indonesia 2025-2029: Proyeksi Ekspor Barang Dan Jasa Terhadap Pdb Indonesia Melalui Pendekatan Arima. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(6).
Ridhlo, M. (2023). Membangun kemandirian anak usia dini melalui media audio visual di TK Negeri Pembina Bantur. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Sa’Diyah, R. (2017). Pentingnya melatih kemandirian anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46.
San roja, k. Y. (2017). Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Penanggulangan Kasus Gizi Buruk Di Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur. Universitas hasanuddin.
Saputri, A. T. (2016). Penanaman Nilai Kemandirian dan Kedisiplinan Bagi Anak Usia Dini Siswa TK B di Kelompok Bermain Mutiara Hati Purwokerto. IAIN Purwokerto.
Setiani, W. A., Damayanti, E., & Patiung, D. (2022). Peranan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan 2022.
Shodiq, M. F., Pernaningtik, N. A., Wijayanti, E., Nafisa, N. N. I., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Setingkat Menengah Atas. Mandub: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 3(2), 113–126.
Skinner, B. F. (1988). The operant side of behavior therapy. Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry, 19(3), 171–179.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sukmadinata, N. S. (2019). Metode penelitian pendidikan.
Susanti, D. A. (2020). Bimbingan orang tua dalam mengembangkan perilaku kemandirian anak usia dini. AL IBTIDA’: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 35–56.
Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Risa Alfiyah Ulfa, Siti Saudah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




.png)



