KINERJA GURU TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK KEPADA SISWA DI MTS RAUDATUL HASANAH NIBUNG PUTIH

Authors

  • Agik Alfiansyah Institut Islam Al-Mujaddid Sabak
  • Wandi Institut Islam Al-Mujaddid Sabak
  • Nurjali Institut Islam Al-Mujaddid Sabak
  • Siti Fatimah Institut Islam Al-Mujaddid Sabak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja guru terhadap kualitas pelayanan publik kepada siswa di MTs Raudatul Hasanah Nibung Putih. Guru sebagai ujung tombak pendidikan memiliki peran penting tidak hanya dalam proses pembelajaran, tetapi juga dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada peserta didik sebagai bagian dari pelayanan publik di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik deskriptif korelasional. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru yang mencakup aspek kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik kepada siswa. Semakin tinggi tingkat kinerja guru, semakin baik pula persepsi siswa terhadap pelayanan yang diberikan, baik dalam hal komunikasi, kecepatan tanggapan, maupun perhatian terhadap kebutuhan belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa peningkatan kinerja guru menjadi faktor kunci dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas di lembaga pendidikan, terutama dalam upaya menciptakan kepuasan dan kepercayaan siswa terhadap sekolah.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. (2020). Pengaruh kinerja guru terhadap kualitas pembelajaran di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13422

Ananda, R., & Rafida, T. (2021). Hubungan antara kompetensi profesional guru dengan kualitas pelayanan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(2), 220–230. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.2063

Arafah, M., & Rahman, M. (2022). Kinerja guru dan dampaknya terhadap kepuasan siswa dalam pelayanan pembelajaran di madrasah tsanawiyah. Jurnal Al-Qalam, 28(1), 88–99. https://doi.org/10.31969/alq.v28i1.2113

Dewi, L. P., & Supriyadi, T. (2020). Pengaruh kinerja guru terhadap kepuasan siswa di sekolah menengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP), 4(3), 421–430. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.27561

Handayani, D., & Rahmawati, S. (2021). Pelayanan publik di sekolah: Studi tentang peran guru dalam memberikan pelayanan prima kepada peserta didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 5(1), 45–56. https://doi.org/10.19109/jmpi.v5i1.6575

Hidayat, R., & Fadillah, N. (2022). Analisis pengaruh kinerja guru terhadap efektivitas pelayanan publik di sekolah madrasah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 9(2), 98–108. https://doi.org/10.17509/jap.v9i2.38127

Kurniawan, A., & Suryadi, H. (2023). The relationship between teacher performance and educational service quality in Islamic junior high schools. International Journal of Educational Management and Innovation, 4(1), 15–28. https://doi.org/10.12928/ijemi.v4i1.6677

Latifah, R., & Wijaya, A. (2020). Hubungan kinerja guru dengan kepuasan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 77–84. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.833

Mulyani, E., & Siregar, A. (2021). Pelayanan publik berbasis pendidikan karakter di madrasah tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 183–192. https://doi.org/10.25299/althariqah.2021.vol6(2).6534

Ningsih, S., & Hasanah, H. (2023). Peran kinerja guru dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah menengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 412–420. https://doi.org/10.5281/zenodo.7689524

Prasetyo, R., & Astuti, E. (2020). Kinerja guru dan kualitas pelayanan pembelajaran di sekolah menengah pertama. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 110–119. https://doi.org/10.24256/jmpi.v4i2.1431

Putri, N., & Zainal, A. (2022). Pengaruh profesionalisme guru terhadap kualitas layanan pendidikan di madrasah. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v11i1.5872

Sari, D., & Hakim, L. (2023). Kinerja guru dalam perspektif pelayanan publik di lembaga pendidikan Islam. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam (JAPI), 11(1), 55–66. https://doi.org/10.24014/japi.v11i1.4178

Syamsudin, M., & Hasan, A. (2021). Analisis hubungan kinerja guru dan kepuasan layanan akademik siswa. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia (JPII), 5(2), 173–182. https://doi.org/10.30631/jpii.v5i2.1773

Wardani, Y., & Anwar, R. (2022). Teacher performance and service quality in Islamic education institutions. International Journal of Social Science and Education Research, 5(4), 276–285. https://doi.org/10.5539/ijsser.v5n4p276

Published

2025-10-26

How to Cite

Agik Alfiansyah, Wandi, Nurjali, & Siti Fatimah. (2025). KINERJA GURU TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK KEPADA SISWA DI MTS RAUDATUL HASANAH NIBUNG PUTIH. Swakarya: Jurnal Penelitian Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2). Retrieved from https://afeksi.id/journal3/index.php/swakarya/article/view/549

Most read articles by the same author(s)