STRATEGI INOVASI DAN PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK KONSUMEN PADA TOKO NAZILA

Authors

  • Rindi Satriyani Institut Islam Al-Mujaddid Sabak
  • Hasna Dewi Institut Islam Al-Mujaddid Sabak
  • Ria Astuti Safitri Institut Islam Al-Mujaddid Sabak

Abstract

Persaingan usaha di sektor retail kebutuhan pokok semakin ketat seiring dengan berkembangnya berbagai model bisnis, mulai dari toko tradisional hingga platform digital. Tokoh Nazila sebagai toko sembako menghadapi tantangan dalam menarik perhatian konsumen di tengah kondisi pasar yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi inovasi dan promosi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan daya tarik konsumen serta memperluas jangkauan pasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan inovasi seperti layanan antar, digitalisasi pencatatan transaksi, dan pemanfaatan media sosial untuk promosi berdampak positif terhadap minat serta loyalitas konsumen. Strategi promosi yang komunikatif dan tepat sasaran terbukti efektif membangun citra toko yang lebih modern dan responsif. Kombinasi inovasi layanan dan promosi kreatif menjadi kunci penting bagi toko sembako seperti Tokoh Nazila untuk tetap kompetitif dan berkembang di era digital

References

Veranita, M. (2021). Pemanfaatan pemasaran melalui media sosial oleh UMKM di masa pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kreatif, 6(2).

Angki, V. V. (2021). Analisis pengelolaan usaha distributor bahan sembako CV. Sahabat Makassar pada masa pandemi COVID-19. AGORA, 9(2).

Fauza, N. (2019). Pemberdayaan UMKM melalui digital marketing di masa new normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Fernandez, E., & Ali, M. M. (2025). Transformasi digital penjualan sembako offline to online pada Toko Sembako Sukses. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 6(2).

Fini, Y., Rana, J. A. S., Mandagie, W. C., & Linggadjaya, R. I. T. (2022). Customer experience and sales promotion towards repurchase intention: An insight into Jakarta’s highly competitive minimarkets. International Journal of Digital Entrepreneurship and Business, 3(1), 45–57.

Istiyani, A. (2023). Langkah nyata inisiatif ekonomi sirkular dan inovasi pada skala mikro. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kreatif.

Jakak, P. M., Sinta, V., Wardianto, R., Fadholi, R., & Nurpiji, N. (2025). Implementasi sistem penjualan sembako pada Toko Sundari berbasis desktop. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(1).

Jubaidi, J. (2022). Implementasi digital marketing dalam memajukan UMKM: hasil pendampingan di Pondok Benda. Jurnal Pengabdian Kreatif, 4(3).

Koeswandia, T. A. (2020). Analisis strategi pemasaran digital UMKM terdampak COVID-19 di Kota Tasikmalaya. Jurnal Bisnis dan Teknologi, 7(2).

Latifah, S. W. (2020). Pengembangan indikator penilaian kinerja rantai pasok UMKM di Malang. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 5(1).

Lubis, N. W. (2023). Pelatihan dan pendampingan pemasaran UMKM berbasis digital: studi Desa Bakaran Batu. Jurnal Pengabdian Ekonomi dan Sosial, 2(1).

Ma’dika, S. (2024). Pendampingan UMKM: pembuatan katalog dan pemanfaatan platform media sosial untuk peningkatan penjualan. The Community Service Journal, 3(1).

Natasya, V. (2021). Kebijakan pemerintah sebagai solusi meningkatkan kinerja UMKM: inklusi dan inovasi. Jurnal Inovasi Ekonomi Indonesia, 9(2).

Purnamasari, P., Rahmadani, A., Aulia, S. S., Gemilang, G., & Hisyam, A. A. (2023). Analisis pengembangan UMKM warung sembako Toko Ayu. Lentera Pengabdian, 4(1).

Putri, S. T., & Hesniati, H. (2023). Perancangan strategi promosi dan pemasaran produk melalui media sosial pada Toko Sembako Ahong. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2).

Ratna, D. D. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan, produk, dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan: studi pada Toko Sembako Ibu Sarkiyah. Jurnal Ekonomika dan Bisnis, 12(3).

Shiratina, A. (2022). Strategi pemasaran UMKM di saat pandemi COVID-19 dengan penerapan e-marketing untuk menjaga keberlanjutan usaha. Jurnal Ekonomi Digital Indonesia, 2(1).

Soekandar, A. J., & Pratiwi, P. (2023). Difusi inovasi untuk keberlanjutan bisnis ritel kecil: strategi pemasaran digital. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis (JIMEB), 5(1).Book Review:

Dent-Read, C., & Zukow-Goldring, P. (2001). Is modeling knowing? [Review of the book Models of cognitive development, by K. Richardson]. American Journal of Psychology, 114, 126-133.

Published

2025-10-25

How to Cite

Rindi Satriyani, Hasna Dewi, & Ria Astuti Safitri. (2025). STRATEGI INOVASI DAN PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK KONSUMEN PADA TOKO NAZILA. Swakarya: Jurnal Penelitian Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 77–84. Retrieved from https://afeksi.id/journal3/index.php/swakarya/article/view/547

Most read articles by the same author(s)