Pengaruh Metode Ummi Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di SD Patra Dharma I Balikpapan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh metode Ummi terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SD Patra Dharma I Balikpapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-shot case study yang melibatkan 60 siswa kelas 4. Data diperoleh melalui angket yang terdiri dari 8 butir pernyataan. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan cukup reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,776, meskipun hanya 6 butir yang valid. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (Sig. = 0,200 > 0,05). Analisis regresi menghasilkan nilai R² sebesar 0,043, yang berarti metode Ummi hanya berkontribusi sebesar 4,3% terhadap variasi kemampuan menghafal siswa, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,110 (> 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa secara statistik, metode Ummi tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa. Meskipun demikian, secara praktis penerapan metode Ummi dinilai membantu meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa, sebagaimana tercermin dari pelaksanaan wisuda khatmil Qur’an sebanyak sembilan kali. Faktor lain, seperti kompetensi guru, keterlibatan orang tua, dan ketersediaan sarana prasarana, diduga memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kemampuan menghafal siswa.
Keywords
Metode Ummi, Kemampuan Menghafal, Al-Qur’an.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.618
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sri Rahmadani, Iskandar Yusuf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License