Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Metode Pemberian Reward di Kelas III C SDN Model Terpadu Madani
Abstract
Penelitian ini merupakan Penellitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksplorasi metode pemberian Reward untuk meningkatkan keaktifan siswa di Kelas III C SDN Model Terpadu Madani. Jumlah siswa yang diteliti pada penelitian ini sebanyak 32 Orang. Metode Analisis data pada penelitian ini. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui lembar observasi. Jenis data pada penelitian ini terdiri menjadi dua yakni aktivitas Guru dan Aktivitas Siswa. Teknik Analisis data pada penelitian ini adalah Teknik analisis data Kualitatif yakni pengumpulan data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil Penelitian menunjukkan pemberian reward dapat meningkatkan aktivitas siswa lebih dari 75% dari jumlah total siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1).Pemberian reward dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas III C SD Negeri Model Terpadu Palu. 2). Pemberian Reward berupa hadiah selain meningkatkan aktifitas belajar juga dapat membuat suasana belajar menjadi kurang kondusi sehingga perlu dikondisikan sesuai keadaan kelas. 3). Guru harus tetap melakukan pendampingan terhadap siswa selain memberikan reward untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Saran untuk penelitian lanjutan agar meneliti kombinasi reward yang tepat untuk diajarkan pada siswa kelas 3 di Fase B sehingga pembelajaran menjadi lebih kondusif dan optimal.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.617
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Vivi Sukma Dewi, Muh. Yusuf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License