Pengaruh Media Virtual Laboratory Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perangkat Keras Komputer di SMA
Abstract
Salah satu latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah rendahnya capaian hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan media Virtual Laboratory terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perangkat keras komputer di tingkat SMA fase E. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasy experiment, menggunakan desain penelitian posttest only control design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan populasi seluruh siswa kelas X reguler di SMAS Adabiah 2 Padang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menggunakan media Virtual Laboratory, dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran secara konvensional, masing-masing berjumlah 36 peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui tes berupa pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t dengan tingkat signifikansi sebesar 5% (α = 0,05). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan media Virtual Laboratory terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji-t yang menunjukkan nilai t-hitung sebesar 2,409 lebih besar dari t-tabel sebesar 1,994, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Virtual Laboratory memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi perangkat keras komputer di jenjang SMA fase E.
Keywords
Virtual Laboratory, Hasil Belajar, Perangkat Keras Komputer, Informatika
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.613
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Restilia Lizarti, Septriyan Anugrah, Meldi Ade Kurnia Yusri, Alkadri Masnur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License