Analisis Mindset Lulusan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Yang Tidak Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi (Studi Pada SMAN di Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mindset lulusan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu yang tidak berminat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya dan solusi mengatasi mindset tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melibatkan lulusan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu yang tidak melanjutkan studi dalam periode 2020–2024 sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun para lulusan memiliki growth mindset, berbagai faktor seperti keterbatasan ekonomi, kesiapan akademik, kurangnya akses informasi, serta pengaruh lingkungan dan keluarga menjadi kendala utama yang menurunkan minat mereka untuk melanjutkan pendidikan. Sebagai strategi dalam mengatasi tantangan tersebut, diperlukan kerja sama antara sekolah, pemerintah, perguruan tinggi, dan masyarakat dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih inklusif. Upaya seperti penyediaan beasiswa, sosialisasi pentingnya pendidikan tinggi, serta peningkatan kualitas pendidikan di tingkat sekolah menengah dapat menjadi solusi efektif. Dengan adanya sinergi dari berbagai pihak, diharapkan semakin banyak lulusan SMAN khususnya di Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu yang memperoleh kesempatan dan motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dweck, Carol S. (2006). Mindset: The New Psychology of Success. New York: Random House, Inc.
Rima Permata Sari, Holilulloh Holilulloh, Hermi Yanzi. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi pola pikir masyarakat terhadap pentingnya pendidikan di desa Cugung. Jurnal Kultur Demokrasi. 3(7).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yudith Bernadette Ayu Putri, Lucia RM Royanto. (2021). Growth mindset, instructors scaffolding, dan self-regulated learning pada pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Ulayat. 8(2), 290-304.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.597
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nessie Illona Amorita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License