Studi Pendahuluan: Pengembangan Laboratorium Virtual Uji Zat Makanan dan Urin Materi Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia untuk Peserta Didik Fase F SMA

Nadia Nilam, Rahmadhani Fitri

Abstract


Penelitian ini merupakan studi pendahuluan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kendala pelaksanaan praktikum biologi pada materi Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia serta merumuskan kebutuhan pengembangan laboratorium virtual. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik wawancara, angket, dokumentasi, dan analisis hasil Penilaian Harian. Hasil menunjukkan bahwa praktikum uji zat makanan dan uji urin tidak terlaksana karena keterbatasan waktu dan sarana prasarana. Sebagian besar peserta didik dan guru menyebutkan kendala tersebut sebagai faktor utama tidak berlangsungnya praktikum. Rata-rata nilai peserta didik pada materi ini juga rendah, yaitu 57, di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan temuan tersebut, pengembangan laboratorium virtual diperlukan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat mengatasi keterbatasan dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna.


Keywords


Laboratorium vritual, praktikum biologi, uji zat makanan

Full Text:

PDF

References


Anwar, Y., Rahayu, D. S., & Nugroho, H. (2021). Analisis pelaksanaan praktikum biologi dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 7(3), 331–339.

Astuti, M. (2017). Kajian sifat-sifat urin dan implikasinya dalam pendidikan biologi. Jurnal Biologi Pendidikan Indonesia, 4(1), 12–19.

Byukusenge, C., & Nsanganwimana, F. (2022). Effectiveness of virtual laboratories in teaching and learning biology: A review of literature. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(6), 1–17.

Fadilah, N., & Surya, R. (2021). Pengaruh penggunaan virtual laboratory terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 15–23.

Fitriyani, A., & Yuliati. (2020). Pembelajaran bermakna dalam membangun karakter dan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 145–153.

Islami, R. D. (2022). Praktikum uji zat makanan berbasis laboratorium virtual: Evaluasi dan rekomendasi. Jurnal Pengembangan Pendidikan Biologi, 3(2), 45–53.

Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk SMA. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.

Nugroho, S., & Sari, P. W. (2022). Virtual laboratory sebagai alternatif praktikum biologi berbasis digital. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 19(1), 67–74.

Prasetya, A., Suyanto, & Maryani. (2020). Pengembangan virtual laboratory berbasis android untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 234–242.

Putra, R. A., & Widodo, A. (2021). Pengembangan laboratorium virtual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi sistem ekskresi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2), 159–168.

Rahmah, D., Sari, P. W., & Utami, S. (2021). Analisis kendala pelaksanaan praktikum biologi di SMA: Fasilitas, bahan, dan waktu sebagai hambatan utama. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 169–178.

Rizaldi, D. R., & Fatimah, F. (2020). Implementasi praktikum berbasis inkuiri dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 112–121.

Sari, D. P., & Utami, N. W. (2020). Efektivitas pendekatan diskusi terhadap pemahaman konseptual dan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 8(1), 33–41.

Susanti, L., Herlina, N., & Handayani, S. (2022). Strategi pembelajaran biologi dalam menghadapi materi abstrak pada Kurikulum Merdeka. BioEducatio: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 75–82.

Wahyudi, H., Apriadi, Y., & Mustaqim, M. (2023). Efektivitas laboratorium virtual terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(1), 45–56.

Wulandari, E., & Priyambodo, R. (2023). Identifikasi kendala pelaksanaan praktikum biologi pada jenjang SMA dan alternatif solusinya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 6(1), 44–51.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nadia Nilam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License