Evaluasi Pengembangan Media dan Sumber Belajar untuk Jenjang MI/SD

Lathifah Azzahra, Maudyla Ali Saragih, Fatimah Zahara Karniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengembangan media dan sumber belajar pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) dengan pendekatan kajian pustaka. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang menelaah berbagai referensi akademik, termasuk jurnal ilmiah, buku ajar, dan dokumen kebijakan pendidikan. Fokus utama penelitian ini adalah pada identifikasi jenis media cetak yang digunakan, prinsip-prinsip dalam pengembangannya, serta efektivitas media tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang kontekstual, interaktif, dan berbasis teknologi memiliki potensi besar dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan pencapaian pembelajaran. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kompetensi guru, dan kesesuaian isi materi dengan karakteristik siswa MI/SD masih menjadi hambatan. Rekomendasi yang diberikan meliputi peningkatan pelatihan guru, pengembangan media berbasis lokal yang sesuai dengan konteks siswa, serta pemanfaatan teknologi informasi secara berkelanjutan dalam praktik pembelajaran.

Keywords


media pembelajaran, sumber belajar, MI/SD, evaluasi, kajian pustaka

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2020). Pengembangan dan evaluasi media pembelajaran: Konsep dasar dan aplikasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(1), 32–41. https://doi.org/10.17977/jpp.v27i1.15652

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2021). Evaluasi efektivitas media pembelajaran cetak dalam pembelajaran jarak jauh. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(3), 401–409. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i3.732

Haryanto, A., & Ariani, D. (2022). Model evaluasi CIPP dalam pengembangan media pembelajaran cetak berbasis HOTS. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 11–24. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2246

Kusrini, W., Firmansyah, D., & Nurlailah, N. (2020). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 115–128. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.797

Maharani, A., & Kartono. (2019). Pengembangan bahan ajar tematik terpadu berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 73–86. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13751

Muslich, M. (2021). Textbook writing: Dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Nugroho, A. A., & Wahyuni, S. (2021). Instrumen evaluasi pengembangan media pembelajaran cetak: Validitas dan reliabilitas. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 109–120. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.942

Prawiradilaga, D. S. (2019). Prinsip desain pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Purnama, S., Ulfah, M., & Machali, I. (2019). Pengembangan media pembelajaran dalam perspektif evaluasi formatif. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 107–126. https://doi.org/10.14421/jpi.2019.81.107-126

Ratnasari, D. (2021). Pengembangan bahan ajar cetak berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 38–52. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645

Supriyadi, E., & Hidayati, Y. (2020). Pengembangan media pembelajaran cetak untuk anak usia sekolah dasar: Prinsip dan aplikasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 87–102. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.372

Wahyuni, S., & Pratama, H. (2022). Model pengembangan bahan ajar cetak dalam perspektif teknologi pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 76–91. https://doi.org/10.31849/jtp.v10i1.9283

Widodo, C., & Jasmadi. (2021). Panduan pengembangan bahan ajar cetak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yulianti, D., & Saputra, H. J. (2019). Pembelajaran sains di sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 lathifah azzahra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License