Model Evaluasi Pendidikan Nilai di Sekolah atau Madrasah: Sebuah Tawaran Model Evaluasi Komprehensif

M. Julfa Kamal, Mukh. Nursikin

Abstract


Dalam artikel ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tentang model evaluasi pendidikan nilai di sekolah atau madrasah sebagai sebuah tawaran model evaluasi komprehensif. Agar tujuan tersebut tercapai penulis menggunakan metode penelitian kajian pustaka (library research) dengan menggunakan bahan tertulis yang telah dipublikasikan dalam bentuk buku-buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pendidikan memiliki tujuan untuk memperoleh data pembuktian, yang akan menjadi petunjuk sampai di mana tingkat kemampuan dan tingkat keberhasilan peserta didik dalam pencapaian tujuan. Evaluasi merupakan suatu proses mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai oleh peserta didik. Jika pembelajaran dianggap sebagai proses yang mengubah perilaku siswa, maka evaluasi menjadi hal yang sangat diperlukan dalam menilai keberhasilannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian pustaka (library research) dengan menggunakan bahan-bahan tertulis yang telah dipublikasikan dalam bentuk buku-buku dan jurnal yang relevan dengan sumber masalah dan langkah dalam penelitian pendidikan. Beberapa model evaluasi yang dipelajari diantara adalah; Discrepancy Model ( Kesenjangan) yaitu untuk menekankan perbedaan dalam pelaksanaan program; Model Evaluasi CIPP yaitu Context evaluation (penilaian tentang konteks), Input evaluation (penilaian tentang masukan), Process evaluation (penilaiaan tentang proses), dan Product evaluation (penilaian tentang hasil); Responsive Evaluation Model yaitu evaluasi dianggap sebagai upaya untuk menafsirkan atau menggambarkan kenyataan dari berbagai sudut pandang pihak yang terlibat, berkepentingan, atau memiliki minat; dan Formative Sumative Evaluation yaitu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta untuk menilai hasil pembelajaran di akhir periode.

Keywords


Evaluasi, nodel, Pendidikan Nilai.

Full Text:

PDF

References


Arif, Muhammad Toriqul. 2019. Penelitian Evaluasi Pendidikan. ADDABANA Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No. 2.

Astuti, Mardiah. 2022. Evaluasi Pendidikan. (Yogyakarta: CV Budi Utama).

Bahzar, Moh & Fadillah, Farid. 2024. Strategi dan ModelPendidikan Nilai di Sekolah. Seminar Nasional Kewargsnegaraan. Vol 03

Dzofir, Muhammad. 2020. Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran PAI dan Implikasinya terhadap Perkembangan Moral Siswa. Jurnal Penelitian. Vol. 14 No. 1

Ismail, Fajri. 2018. Pengantar Evaluasi Pendidikan. (Palembang: Karya Sukses Mandiri (KSM))

Malawi, Ibadullah& Maruti, Endang Sri. Evaluasi Pendidikan. (Magetan: CV AE Media Grafika)

Mardiah dan Syarifudin. 2020. Model-Model Evaluasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan & Konseling Vol. 02 No. 01.

Mardiana, Dkk. 2020. Model Evaluasi ISIPP (Implementasi Isi, Proses, Dan Penilaian) Untuk Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmu Agama Islam.

Meila, Dkk. 2022. Model-Model Evaluasi Pendidikan dan Model Sepuluh Langkah Dalam Penilaian. Jurnal Basic Edu. 6 (1).

Murtafiah, Nurul Hidayati. 2018. Evaluasi Pendidikan. (Yogyakarta : Lintang Rasi Akasara Books)

Riinawati. 2021. Pengantar Evaluasi Pendidikan. (Yogyakarta: Thema Publishing)

Syahputri, Adinda Dkk. 2025. Model-Model Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Inspirasi Edukatif: Jurnal Pembelajaran Aktif Vol. 6, No. 1.

Widodo, Hendro. 2021. Evaluasi Pendidikan. (Yogyakarta: UAD PRESS)

Zainuddin. 2021. Pengembangan dan Evaluasi Pendidikan. (Lombok: CV. Alliv Renteng Mandiri)

Zakiyah, Qiqi Yuliati & A. Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. (Bandung: Pustaka Setia)




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 M. Julfa Kamal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License