Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai Menurut Oemar Hamalik Dan dedja Mudyahardjo

Kenang Agus Mulyadi, Mukh Nursikin

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan dan strategi pendidikan nilai menurut dua tokoh pendidikan Indonesia, Oemar Hamalik dan Redja Mudyahardjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka, yaitu dengan menelaah berbagai karya tulis kedua tokoh yang berkaitan dengan pendidikan nilai. Hasil kajian menunjukkan bahwa Oemar Hamalik menekankan pentingnya metode pembiasaan, keteladanan, dan pengalaman langsung dalam proses pembentukan karakter siswa. Sementara itu, Redja Mudyahardjo lebih menitikberatkan pada strategi pembelajaran aktif seperti pembelajaran berbasis proyek, diskusi, dan refleksi sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual. Kedua tokoh sepakat bahwa pendidikan nilai harus diarahkan pada pengembangan kepribadian yang bertanggung jawab, mandiri, dan kritis. Namun, implementasi strategi ini di sekolah menghadapi tantangan, seperti kurangnya komitmen guru, keterbatasan fasilitas, dan minimnya keterlibatan orang tua. Oleh karena itu, peran guru menjadi sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan bermakna untuk mendukung keberhasilan pendidikan nilai di sekolah.

Keywords


Oemar Hamalik, pendidikan nilai , Redja Mudyahardjo

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2024. “Metode Penelitian Kepustakaan Dalam Pendidikan Islam.” Adabuna : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 3(2):102–13. doi: 10.38073/adabuna.v3i2.1563.

Abidin, A. Mustika. 2018. “Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan.” DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 12(2):183–96. doi: 10.30863/didaktika.v12i2.185.

Agung, Lukman, and M. Makbul. 2024. “Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Kualitas Hafalan Doa Harian Dan Surah-Surah Pendek Pada Siswa Kelas 2 Di MDTA Assabiiyah Karawang.” Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP 5(2):195–207. doi: 10.30596/jppp.v5i2.19023.

Aini, Fauziah, and Zaka Hadikusuma Ramadhan. 2024. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Etika Dan Moral Peserta Didik Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 8(2):331–39.

Aluf, Wilda Al. 2024. “Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Memperkuat Karakter Pada Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 8(2):1211–23. doi: 10.31004/basicedu.v8i2.7275.

Arief, Miftah. 2019. Pendidkan Pengembangan Diri Melalui Pembiasaan Optimalisasi Pendidikan Pembiasaan & Psikologi Perkembangan. Vol. 11.

Citriadin, Yudin. 2014. Pengantar Pendidikan.

Efendi., Rinja. 2020. Karakter Di Sekolah. Vol. 5.

Hasanah, Siti Muawanatul, Cindy Nicen Sari, and Alvin Maulana Azhari. 2024. “Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Pelatihan Dan Pengembangan Profesional Guru PAI.” 4:748–61.

Hening. 2022. “Problematika Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas Vi Di Sds Tarbiyatul Islam Sambas.” Jurnal Ilmiah Edukatif 8(2):107–20. doi: 10.37567/jie.v8i2.1401.

Hidayat, Rahmat, S. Ag, and M. Pd. 2019. Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.

Iskandar, Sofyan, Primanita Sholihah Rosmana, and Hilma Innayah Putri. 2024. “Peran Guru Dalam Membangun Lingkungan Belajar Yang Positif Di Kelas.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(2):25762–70.

Kusnoto, Yuver. 2017. “Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter.” 4(2):31–45.

Masinambow, Christo J. R., Tori Wakerkwa, and Susan Jacobus. 2025. “Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Pendidikan Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan Karakter 8(2):123.

Nur, A. Nurin, and Chamsiah Ishak. 2016. “Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sosiologi Di Sma Negeri 1 Sinjai Utara.” Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM 3(2):136–42.

Putri, Juanita Nur Istiqomah, Iftinani Lulu Nabila, Adam Ibrahim Hafiz, and Saepul Anwar. 2024. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an.” 2(12).

Rifai, Achmad. 2018. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Nilai Di Sekolah.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(1):1. doi: 10.30659/jpai.1.1.1-10.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Kenang Agus Mulyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License