Penerapan Program Matrikulasi pada Siswa Kelas I di SDIT Arafah Sampit

Rafifah Afina, Setria Utama Rizal, Muhammad Syabrina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan program matrikulasi pada calon siswa kelas 1 di SDIT Arafah Sampit dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya. Program matrikulasi di SDIT Arafah Sampit telah dilaksanakan sejak tahun 2007 dengan tujuan membantu siswa yang belum menguasai keterampilan dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung (calistung), serta pengenalan huruf hijaiyah yang penting untuk pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru koordinator program matrikulasi, serta siswa yang mengikuti program ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program matrikulasi dilakukan setelah jam pelajaran pagi berakhir, dengan materi yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Program ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk orang tua siswa, yang turut berperan dalam keberhasilan program. Faktor pendukung utama termasuk adanya dukungan dari kepala sekolah, fasilitas pembelajaran yang memadai, serta kesabaran dan pengalaman para guru koordinator. Di sisi lain, tantangan yang dihadapi termasuk keterbatasan sumber daya pembelajaran visual dan adaptasi materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini memberikan gambaran penting mengenai manfaat program matrikulasi sebagai sarana untuk mempersiapkan siswa sebelum mengikuti pembelajaran di kelas reguler, dan menunjukkan perlunya kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal.

Full Text:

PDF

References


Arbayu, R., Rizal, S. U., & Mahmudah, I. (2023). Pemanfaatan Pojok Bacaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SDN Pilang. PENGABDIAN KEPADA MASYRAKAT NUSANTARA(IPkMN), Vol.4 No.1(1), 445–452. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/834

Ardhan, T., & Basri, H. (2023). Faktor Penyebab Berhentinya Santri Yang Sudah Bisa Membaca Al-quran dan Solusinya. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, Vol 6(2), 275.

Fauziyyah, B. S., & Silfia, S. (2020). Pertumbuhan Kreativitas Siswa Me Pertumbuhan Kreativitas Siswa Melalui Program Ekstrakulikuler di Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 35–40. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.512

Hamdi, H., Merni, M., Nurjanah Potaboga, S., Shalihah, N., Irma, R., Nur Yasin, A., Wati, R., Olivia Andriani, V., & Annisa Maharani, F. (2024). Pendampingan Pengajaran Melalui Rumah Binaan Anak KKN Kebangsaan di Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1140–1146. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2891

Harwanti, N. A. S., & Rumiati, A. T. (2020). Pengelompokkan Mutu Sekolah Dasar di Indonesia Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dengan Metode Fuzzy C-Means. Jurnal Sains Dan Seni Its, 9(2337–3520), 123–129.

Quran.com. (n.d.). Surah Al-’Alaq - 1-19 - Quran.com. Retrieved May 20, 2025, from https://quran.com/id/segumpal-darah

Shinta Sekar Arum Fatimatuz Zahro. (2024). Pengaruh Partisipasi Les Privat Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di SDN Selorejo Mojowarno Jombang. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 54–68. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v4i1.3582

Zaina, I., Johar, R., & Saminar. (2019). Pelaksanaan Matrikulasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Operasi Hitung Dasar Matematika Siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Peluang, 7(1), 136–150. https://jurnal.usk.ac.id/peluang/article/view/13753




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rafifah Afina, Setria Utama Rizal, Muhammad Syabrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License