Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di SDN 7 Pahandut Palangka Raya

Fachrizal Fachrizal, Muhammad Syabrina, Setria Utama Rizal

Abstract


Penelitian ini mengkaji implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan di SDN 7 Pahandut Palangka Raya menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi proyek telah berlangsung selama dua tahun dengan strategi pendekatan fleksibel yang memberikan kebebasan kepada guru dalam merancang pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Faktor pendukung utama meliputi komitmen tinggi dari pendidik, dukungan penuh orang tua, dan ketersediaan pelatihan guru, sedangkan faktor penghambat mencakup keterbatasan waktu dan proses adaptasi terhadap metode pembelajaran baru. Dampak positif implementasi tercermin pada pengembangan karakter siswa melalui kegiatan nyata seperti pembuatan kompos, penanaman dalam pot, dan kampanye pengurangan plastik yang menghasilkan produk konkret berupa kompos, tanaman hias, dan poster kampanye. Program dilaksanakan dua kali dalam satu tahun ajaran dengan evaluasi berkelanjutan melalui presentasi hasil dan keterlibatan komunitas sekolah. Implementasi proyek terbukti efektif dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dengan kesadaran lingkungan, meningkatkan kemampuan kerjasama siswa, dan mengembangkan keterampilan manajemen waktu meskipun masih memerlukan penyesuaian dalam aspek koordinasi waktu pembelajaran

Keywords


gaya hidup berkelanjutan; implementasi pendidikan; profil pelajar pancasila

Full Text:

PDF

References


Alipah, S., Hartinah, S., & Susongko, P. (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajaran Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Berbasis Aplikasi i-Springsuit9 di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(3), 3809–3815. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1471

Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., Suryani, Z., & Prihantini. (2023). Analisis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26906–26912.

Damayanti, P. D., Sutriyani, W., & Zumrotun, E. (2024). MPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(2), 754–766.

Effendi, H. F., Rasmitadila, & Hasnin, H. D. (2024). IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI KELAS IV SDN CIRANJANG. Karimah Tauhid, 3(9), 10568–10590.

Fadillahi, R. A. W., & Shanie, A. (2025). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH PLUS SEMARANG. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 2616–2625.

Hardita, D., Aswita, D., & Maulidar. (2025). IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN TERHADAP DIMENSI KREATIF SISWA DI KELAS IV SDN 5 BANDA ACEH. Jurnal Seramoe Education, 2(1), 168–174.

Hasanah, U., Cahyono, H., & Rahmani, A. (2022). PENGARUH PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN TERHADAP SIKAP MANDIRI SISWA KELAS IV SDN 2 CIUYAH. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 8(1), 23–27.

Hidayat, R. S. N., Atmojo, I. R. W., & Istiyati, S. (2024). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(1), 49–57. https://doi.org/10.20961/ddi.v12i1.83960

Indrawati, R., Dwijayanti, I., & Sumarno. (2024). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA “GAYA HIDUP BERKELANJUTAN” SISWA KELAS IV SDN LAMPER KIDUL 01 KOTA SEMARANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(01), 712–723.

Komala, C., & Nurjannah, N. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila tema gaya hidup berkelanjutan. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 42–49.

Lestari, R., Utama Rizal, S., & Inayah Syar, N. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS VIDEO PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD.

Mahmudah, I., Sulistyowati, S., & Jasiah, J. (2023). Pendampingan Persiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MI Fathul Iman Palangka Raya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 727–732. https://doi.org/10.54082/jamsi.734

Maulida, U., & Tampati, R. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.453

Novitasari, A., & Irianto, S. (2024). IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIKELAS IV SD NEGERI 2 BOJONGSARI. J-Ses: Journal of Science, Education and Studies, 03(02), 12–19.

Purnomo Anton, & Khosyono Banun Havifah Cahyo. (2023). PERWUJUDAN ENAM PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KEGIATAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PEMBUATAN ECOPRINT TAS BLACU TEKNIK POUNDING KELAS VI SD NEGERI GODEAN 3. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(7).

Putri, R. T. U., Kristanto, A., Karwanto, K., Roesminingsih, E., & Hariyati, N. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Journal of Education Research, 5(3), 2523–2529. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1058

Sitanggang, R., & Triyani. (2024). Implementasi Proyek P5 Profil Pelajar Pancasila Tema ”Gaya Hidup Berkelanjutan ” Pada Sdn 1 Pahandut Palangka Raya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 15789–15799.

Sulaiman, M., Mukin, R. A., & Amien, S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 4(2), 83–104. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/muallimun

Sulistyowati, Rahmad, Gofur, A., Jasiah, Syabrina, M., Syar, N. I., & Mahmudah, I. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 2, 888–895.

Suriani, L., Nisa, K., & Affandi, L. H. (2023). Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(3), 1458–1463. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5464

Widoresmi, D., & Nugraheni, N. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Penunjang dalam Mewujudkan Gaya Hidup Berkelanjutan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 213–223.

Winarni, A., Aswasulasisikin, Yazid, Muh., & Ibrahim, D. S. M. (2024). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA “GAYA HIDUP BERKELANJUTAN” SISWA KELAS IV SDN 4 SELONG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(03), 301–313.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fachrizal Fachrizal, Muhammad Syabrina, Setria Utama Rizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License