Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Penilaian Pembelajaran Mendalam

Heny Narendrany Hidayati

Abstract


Komponen penting dalam deep learning adalah pemanfaatan teknologi digital. Guru dapat menggunakan teknologi artificial intelligence dalam melakukan penilaian pembelajaran, karena artificial intelligence mempunyai banyak manfaat bagi guru dalam penilaian. Artikel ini  mempunyai tujuan memaparkan  bagaimana penilaian pada pembelajaran mendalam ( deep learning), kemudian bagaimana manfaat penilaian dengan menggunakan artificial intelligence pada pembelajaran mendalam ( deep learning). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research ) yang dilakukan dengan cara menganalisis dokumen-dokumen berupa buku-buku, artikel-artikel yang linear dengan topik penelitian. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis content, yaitu menganalisis teks-teks untuk mengidentifikasi makna yang terkandung di dalamnya, kemudian  diintrepertasikan dan selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian pada deep learning di lakukan oleh guru di proses pembelajaran  dinamakan penilaian formatif  atau dikenal pula dengan assessment as learning  dan assessment for learning,  dan penilaian  yang dilakukan diakhir pembelajaran   dinamakan penilaian sumatif atau penilaian assessment of learning. Adapun manfaat penilaian artificial intelligence dalam deep learning yaitu guru telah terbantu dari beban kerja mereka, yang semula membutuhkan waktu yang panjang dalam merencanakan tes, melaksanakan tes dan melakukan penilaian serta pelaporan hasil penilaian, melalui artificial intelligence penilaian mejadi lebih efektif, efesien dan hasil penilaian objektif serta akurat.


Keywords


Penilaian, Artificial Intelligence, Deep Learning

Full Text:

PDF

References


Anisah, G. (2013). Kerangka Konsep Assessment Of Learning, Assessment For Learning, Dan Assessment As Learning Serta Penerapannya Pada Pembelajaran. Al-Aufa : Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 03(92), 66–76. https://doi.org/10.7810/9781927131763_9

Asworo, A. F. C., Hasanah, L., Fauziah Solehah, S., Komariyah, S., Lasha, V., & Pelita Bangsa, U. (2024). Pentingnya Penilaian Formatif Terhadap Perkembangan Sekolah Dasar. Pengembangan Dan Penelitian Pendidikan, 6(3), 1–11. https://journalpedia.com/1/index.php/jppp

Chan, M. (2013). WHO evaluation practice handbook. World Health Organization.

Coskun, T. K., & Alper, A. (2024). Evaluating the evaluators: A comparative study of AI and teacher assessments in Higher Education. Digital Education Review, 1–16. https://doi.org/10.1344/der.2024.45.124

Creswell, J. W. (2012). Educational Research (4th ed., Vol. 4). Boston : Pearson.

Fullan, M., Quinn, J., & Mceachen, J. (2018). Praise for Deep Learning: Engage the World Change the World (D. Bartlett, K. Irwin, & E. B. Riefert, Eds.; 1st ed., Vol. 1).

Hageback, N. (2022). AI For Creativity (3rd ed.). CRC Press. https://www.routledge.com/AI-for-Everything/book-series/AIFE

Harris, C. J. (2025). Designing Knowledge-In-Use Assessments to Promote Deeper Learning The William and Flora Hewlett Foundation. Educational Measurument, 0(0), 1–15.

Hidayati, H. N., & Yudiantoro, M. N. (2023). Increasing The Objectivity of Assessments Through Artificial Intelligence. The Future of Learning: Emerging Trends and Innovations in Islamic Education, Science, and Technology, 1–3.

Jantakun, T., Jantakun, K., & Jantakoon, T. (2021). A Common Framework for Artificial Intelligence in Higher Education (AAI-HE Model). International Education Studies, 14(11), 94. https://doi.org/10.5539/ies.v14n11p94

Kemendikdasmen. (2025). Pembelajaran Mendalam. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Lisliningsih, N., Mariyanti, N., Fajri, N., & Arifmiboy. (2024). Konsep Penilaian Autentik (Autentik Asesmen). Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(11), 1–8.

Mangera, E., Supratno, H., & Suyatno. (2023). Exploring the relationship between Transhumanist and Artificial Intelligence in the Education Context: Particularly Teaching and Learning Process at Tertiary Education. Pegem Journal Of Education and Instruction, 13(2), 35–44. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.02.05

Marfuah, A., & Febriza. (2019). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran. Fondatia : Jurnal Pendidkan Dasar, 3(2), 1–24.

Mosher, M., Dieker, L., & Hines, R. (2024). The Past, Present, and Future Use of Artificial Intelligence in Teacher Education. Journal of Special Education Preparation, 4(2), 6–17. https://doi.org/10.33043/8aa9855b

Mustaghfirin, U. A., & Zaman, B. (2025). Tinjauan Pendekatan Pembelajaran Mendalam Kemdikdasmen Perspektif Pendidikan Islam. Journal of Instructional and Development Researches, 5(1), 75–85. https://doi.org/10.53621/jider.v5i1.476

Nur Akmal, A., & Maelasari, N. (2025). Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan: Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review (SLR). Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan, 8(3), 1–8. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. Kridatama Sains Dan Teknologi, 05(2), 1–14.

Ozigagun, O. O., Ololade, Y. J., Udo, N. L. E., & Ogundipe, D. O. (2024). Revolutionizing Education Through Ai: A Comprehensive Review Of Enhancing Learning Experiences. International Journal of Applied Research in Social Sciences, 6(4), 589–607. https://doi.org/10.51594/ijarss.v6i4.1011

Sarosa, S. (2025). Analisis Data Penelitian Kualitatif (F. Maharani, Ed.; 5th ed., Vol. 1). PT Kanisius.

Satir, T., & Korucu, A. T. (2023). An Evaluation on the Use of Artificial Intelligence in Education Specific to ChatGPT. Shanlax International Journal of Education, 12(1), 104–113. https://doi.org/10.34293/education.v12i1.6513

Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan (14th ed.). Depok : PT RajaGrafindo Persada.

Temel. Yasin, Coscun, B., & Koeman, M. S. (2024). A Review on Artificial Intelligence Applications in Education in Some Countries and Türkiye. International Technology and Educational Journal, 8(1), 9–23.

Tonbulogu, B. (2023). An Evaluation of the Use of Artificial Intelligence Applications in Online Education. Journal of Educational Technology and Online Learning, 6(4), 866–884. https://doi.org/10.31681/jetol.1335906

Yuliana Latif, E., Idrus, R., Ayu Perdana, C., Author, C., & Negeri, S. (2025). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Deep Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 103 Kalosi. CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 heny Heny hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License