Efektivitas Pembelajaran Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kesetaraan Paket A
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan kurikulum merdeka efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kesetaraan paket A PKBM Barakat, kecamatan Martapura, kabupaten Banjar dan seberapa tinggi peningkatannya setelah dilakukan pengujian dan analisis data. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design (non-design), melalui pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian dengan analisa yang bersifat statistik, bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah dibuat. untuk mengetahui hasil akhir dilakukan pengujian melalui pretest sebelum diberikan perlakuan dan post test setelah diberikan perlakuan, sehingga diperoleh hasilnya bahwa pembelajaran dengan kurikulum merdeka efektif dalam meningkatkan hasil belajar dengan hasil analisis data, yakni 5.605 > 1.697, yang berarti to > t table pada taraf signifikansi 5% maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian, terdapat peningkatan hasil belajar yang termasuk kedalam kategori sedang dengan g = 0.50 , yang berarti peningkatan hasil belajar setelah diberikan perlakuan ialah cukup tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kholilullah, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Kelas V Melalui Metode Eksperimen Dipadu Card Sort. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.
Monika, L., Aprilia, J., Ayu, L. K., Anisah, U. R., & Setiyono, &. J. (2023). Efektivitas Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Peserta Didik di SMP Bangilan Tuban. Jurnal IKIP Bojonegoro.
Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan metode R&D. Jawa Barat: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jawa Barat: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.513
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nadya Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License