Implementasi Video Interaktif Berbasis Quizizz dalam Meningkatkan Minat Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMA Negeri 30 Jakarta
Abstract
Pembelajaran yang berkualitas akan memotivasi guru dan siswa untuk aktif dari awal sampai akhir kegiatan. Maka dari itu diperlukan inovasi dan kreativitas guru dalam proses perencanaan dan pemilihan media pembelajaran, salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang banyak digunakan saat ini adalah Quizizz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengujicobakan variabel penelitian pada kelas eksperimen yang berjumlah 35 sampel penelitian siswa kelas X di SMAN 30 Jakarta yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Penelitian dilakukan pada 2 kelas yaitu 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan menganalisis hasil kuisioner minat belajar dengan menggunakan SPSS 26 yang dijadikan sebagai uji hipotesis penelitian yaitu meningkatkan minat belajar siswa. Sebelumnya, peneliti melakukan observasi melalui tiga kegiatan yaitu wawancara dengan guru, wawancara dengan siswa dan pengamatan kegiatan pembelajaran di kelas. Data penelitian diperoleh dengan menganalisis hasil kuisioner minat belajar yang diberikan kepada siswa sebelum dan setelah kegiatan pembelajaran biologi dilaksanakan. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan analisis data menggunakan SPSS 26 yang dijadikan sebagai uji hipotesis penelitian yaitu meningkatkan minat belajar siswa. Hasil analisis data membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya hipotesis pada penelitian ini diterima yaitu ada pengaruh implementasi video interaktif berbasis quizizz terhadap minat belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 30 Jakarta. Dengan demikian diperlukan pelatihan bagi para guru untuk mengembangkan implementasi aplikasi quizizz khususnya pengembangan video interaktif dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AH, H. F., Arief, Z. A., & Muhyani, M. (2019). Strategi Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 112. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1843
Alfiani Nursafitri, Asep Purwo Yudi Utomo, Mu’allimatin Najihah, Sahrul Mubarok, Arka Yanitama, Eva Wulandari, Ani Wahyuni. Penerapan Media Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Teks Artikel di Kelas XII SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Sadewa, 2(4), 13-22. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i4.1184
Ali Asmi, Hendri Neldi, Khairuddin (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batusangkar. Jurnal Menssana, 2(1), 33-44. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64
Amanah, S. A. N., Iwan, C. D., & Selamet. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Efektivitas Pembelajaran PAI. Jurnal Bestari, 17(1), 117–132. https://doi.org/10.36667/bestari.v17i1.474
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Fauza, L., & Farida, I. (2020). Pengembangan media komik siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v di sekolah dasar. Jpgsd, 08, 89–99. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22–32. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383
Humairoh (2023). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.30596/jippi.v1i1.1
Kurniawan, M. C. D., & Huda, M. M. (2020). Pengaruh penggunaan quizizz sebagai latihan soal terhadap hasil belajar siswa kelas v sd. E-Journal.Hikmahuniversity.Ac.Id, 03(01), 37–41. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.33471
Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i42020p377
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Sapriyah (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 2(1), 470-477. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5798
Siska Yolanda, Septi Fitri Meilana (2021). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 915-921. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1286
Solikah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8.
Sugiono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wahyuningtyas (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif Ilmu Pendidikan. 2(1), 77-85. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.481
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 indar prabowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License