Efektivitas Media Komik Digital terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 3 Kawak
Abstract
Sebagai sarana untuk meningkatkan cakrawala ilmiah dan informasi siswa yang terus berkembang, pemahaman membaca adalah keterampilan yang penting untuk dikembangkan. Pemahaman membaca siswa masih buruk dan belum adanya media pendukung pembelajaran. Siswa tidak sepenuhnya terlibat dalam proses pembelajaran karena pendekatan ceramah dan terbatasnya penggunaan materi pembelajaran (karena keterbatasan waktu dan biaya), sehingga berdampak pada nilai mereka karena mereka gelisah dan tidak memperhatikan di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa kelas IV SDN 3 Kawak memahami komik digital sebagai salah satu jenis media. Tiga puluh siswa kelas empat SDN 3 Kawak berpartisipasi dalam penelitian ini. Observasi, wawancara, angket, dan tes (baik sebelum dan sesudah tes) digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini. Kita dapat menyimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima berdasarkan hasil uji-t sampel berpasangan yang dilakukan dengan menggunakan SPSS 25 sig (2-tailed), karena nilai uji-t adalah 0,000 < 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa bervariasi secara signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media komik digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336–2344.
Arwati, A., & Oktaviani, A. M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pelita Calistung, 4(2), 121–138.
Destian, I. H., Wiranti, D. A., & Widiyono, A. (2022). Strategi Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD di Masa Pandemi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 197–203.
Kamaluddin, M. I. (2021). Pengaruh Media Komik terhadap Keterampilan Membaca Cerpen. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 125–131.
Ledina, H., & Sumiyadi, S. (2020). Model Know, Want To Know, Learned (KWL) Dalam Pembelajaran Membaca Cerita Pendek Siswa SMP Kelas IX. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 101–108.
Marliana, L., & Subrata, H. (2023). Keefektifan Penggunaan Media Komik Digital dalam Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1274–1283.
Melati, S. R., & Dafit, F. (2024). Pengaruh Media Komik Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 21 Pekanbaru. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5639–5647.
Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405.
Nasrulloh, M. F., Hanik, S., & Satiti, W. S. (2020). E-Comic Learning Media Based Problem Based Learning In Subject of Linear Equation System. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 2(1), 34–40.
Nisa, A., & Widiyono, A. (2023). Pengembangan Media Papan dan Kartu Rahasia (PAKARSA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. BASICA: Journal of Primary Education, 3(1), 109–120.
Prahesty, L. E., & Zumrotun, E. (2023). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2859–2868.
Rakhmi, M., . S., & Zaini, M. (2020). Development of Science Learning Set on the Topic of Changing Objects Around Us. Journal of Advances in Education and Philosophy, 04(03), 111–117. https://doi.org/10.36348/jaep.2020.v04i03.006
Sari, D. M. M., & Prasetyo, Y. (2021). Project-based-learning on critical reading course to enhance critical thinking skills. Studies in English Language and Education, 8(2), 442–456.
Sinaga, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Parulian 3 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Quality.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research And Development/R&D). Alfabeta.
Widiyono, A. (2020). Kemampuan Pengelolaan Kelas Guru Terhadap Proses Pembelajaran Di SDN 02 Banjaran Jepara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2), 55–63.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dwiana Asih Wiranti, Nilna Maulidatul Wafa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License