Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Karakter Bertanggung Jawab Pada Anak

Fakhri Raza Anindito, Gendon Barus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pola asuh demokratis orang tua dalam mendidik karakter bertanggung jawab pada anak; mengidentifikasi item skala pola asuh demokratis orang tua dalam membentuk karakter tanggung jawab mana saja yang capaian skornya belum optimal; menghitung tingkat tanggung jawab anak di SD Negeri Mayangan; mengidentifikasi item skala karakter tanggung jawab mana saja perolehan skornya belum optimal; dan mengeidentifikasi apakah pola asuh demokratis orang tua berkorelasi terhadap karakter anak yang bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional. Subjek penelitian terdiri dari 51 siswa di SD Negeri Mayangan. Pengambilan data memakai skala Pola Asuh Demokratis Orang tua (24 item valid dengan nilai reliabel α 0,843) serta skala Karakter Bertanggung Jawab (18 item valid dengan nilai reliabilitas α 0,853). Teknik analisis menggunakan teknik deskriptif kategorisasi, uji normalitas, uji linearitas, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa (59%) mempersepsikan pola asuh demokratis orang tua pada kategori baik (skor tinggi). Tidak ditemukan satu pun item skala pola asuh orang tua pada kategori sedang, rendah dan sangat rendah. Sebagian besar 32 (63 %) murid SD yang diteliti memiliki karakter bertanggung jawab pada kategori tinggi. Terdapat 2 item pada skala karakter bertanggung jawab dengan capaian skor pengukuran belum optimal yakni berada pada kategori sedang. Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis orang tua dengan karakter bertanggung jawab pada anaknya.

Keywords


pola asuh demokratis; bertanggung jawab; orang tua; anak

Full Text:

PDF

References


Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119. https://doi.org/10.21009/pip.312.6

Apriastuti, D. A. (2013). Analisis Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 Bulan. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 4(1), 1–14.

Gugus, D. I., & Hatta, S. (2023). Afriyandi.

Narwanti. (2018). Teori Tanggung Jawab. Repository Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 1–17. https://repository.iainkudus.ac.id/263/5/05 BAB II.pdf

Nuroniyah, W. (2019). Perempuan Arabia Dalam Lingkaran Perkawinan Era Pra-Islam : Sebuah Kajian Untuk Memahami Posisi Perempuan Dalam Sistem Perkawinan Islam. Yinyang : Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 14(2), 175–200. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.2019.pp

Tudang, F., Darwis, D., & Nurafriani, N. (2021). Literatliterature Review: Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Pembentukan Karakter Anak Usia 3-4 Tahunure Review: Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Pembentukan Karakter Anak Usia 3-4 Tahun. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 1(3), 263–270. http://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jimpk/article/view/546

Utami, F. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Cahyati, N. (2018). Penggunaan media audio visual terhadap karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 75-84.

Narwanti. (2018). Teori Tanggung Jawab. Repository Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 1–17. https://repository.iainkudus.ac.id/263/5/05 BAB II.pdf

Ningsih, Y., Psikologi, F., Negeri, U. I., Syarif, S., & Riau, K. (2021). DARI POLA ASUH ORANGTUA ( Studi di SMA N 1 Salo ) SKRIPSI DARI POLA ASUH ORANGTUA ( Studi di SMA Negeri 1 Salo ).

Maghfiroti, H. A., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Perkembangan Sikap Tanggung Jawab Anak Di Desa Paren Jepara. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(6), 1665. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8492




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fakhri Raza Anindito

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License