Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV

Cyrenia Novella Krisnamurti, Septiana Regilta Rahayu

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ploso yang berjumlah 6 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan sosial siswa kelas IV SD Negeri Ploso melalui model pembelajaran Project Based Learning. Peningkatan keterampilan sosial pada Siklus I sebesar 17% dengan kondisi awal 56% menjadi 73% Peningkatan pada Siklus II sebesar 23% dengan kondisi awal 56% menjadi 82%. Berdasarkan hasil observasi di kelas terlihat peningkatan pada Siklus I sebesar 33% dengan kondisi awal 35% menjadi 80%. Berdasarkan hasil wawancara siswa dan guru keterampilan sosial siswa kelas IV SD Negeri Ploso meningkat.


Keywords


Keterampilan Sosial;Penelitian Tindakan Kelas; Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Abdulah Sani, Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Impelementasi Kurikulum 2023. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmaf, F. dkk. (2016). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar (Mengacu Kurikulim 2013). Yogyakarta: Sanata Dharma University Press APPTI (Asisiasi Penerbitan Perguruan Tinggi Indonesia).

Al-Tabany, Trianto Ibnu B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta:Kencana

Darmadi. (2012). Kemampuan Dasar Mengelola Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

R. Fraenkel, Jack. (1980). Helping Students Think Value Strategies for Taching Social Studies. New Jersey: Prentice-Hall.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cyrenia Novella Krisnamurti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License