Telaah Pemikiran James A. Banks dalam Perspektif Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.59698/nasir.v3i1.488Keywords:
James A. Banks, Pendidikan Multikultural, Pendidikan Islam, Keberagaman, Inklusivitas, Keadilan SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis pemikiran James A. Banks dalam perspektif pendidikan Islam serta mengkaji relevansi dan aplikasinya dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia. Pemikiran Banks mengenai pendidikan multikultural yang meliputi lima dimensi utama-Content Integration, The Knowledge Construction Process, Prejudice Reduction, Equity Pedagogy, dan Empowering School Culture and Social Structure-merupakan kontribusi penting dalam membangun sistem pendidikan yang inklusif, adil, dan kontekstual terhadap keragaman masyarakat. Gagasan-gagasan tersebut selaras dengan prinsip dasar pendidikan Islam yang menekankan nilai kesetaraan, keadilan, penghargaan terhadap keberagaman, serta pengembangan akhlak dan kesadaran sosial. Dengan demikian, integrasi pemikiran Banks dalam pendidikan Islam tidak hanya memungkinkan secara teoritis, tetapi juga memperkaya pendekatan pedagogis agar lebih relevan dan transformatif dalam membentuk insan berkarakter mulia dan toleran di tengah masyarakat majemuk.
References
Ahmad, S., & Arifai, A. (2025). Inovasi Dan Adaptasi Pendidikan di Era Perubahan Sosial. EDUCATE: Journal of Education and Culture, 3(2), 551–561.
Ananda, S., Angelia, D. R., Na’imah, F., Fadillah, L. A. N., & Setyaputri, N. Y. (2025). Konseling Multibudaya sebagai Strategi Mengurangi Perilaku Diskriminasi di Kalangan Mahasiswa. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 4, 613–620.
Awijaya, A. P. (2021). Surga itu tak beratap: Refleksi atas spiritualitas kaum non-heteronormatif dan gerakan melawan diskriminasi berbasis gender dan seksualitas yang dilakukan atas nama agama. Indonesian Journal of Theology, 9(2), 195–220.
Banks, J. A. (2020). Diversity, transformative knowledge, and civic education: Selected essays. Routledge.
Banks, J. A. (2021). Transforming multicultural education policy and practice: Expanding educational opportunity. Teachers College Press.
Banks, J. A., & Banks, C. (1989). Multicultural education. The Znternational Enciclopedia of Education, 6, 3440–3442.
Davis, L. P., & Museus, S. D. (2019). What is deficit thinking? An analysis of conceptualizations of deficit thinking and implications for scholarly research. Ncid Currents, 1(1).
Halik, A. (2020). Ilmu pendidikan islam: perspektif ontologi, epistemologi, aksiologi. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2).
Jalwis, J., & Habibie, N. (2023). Telaah Karakter Pendidikan Multikultural Dalam Al-Qur’an (Studi Terhadap Surat Al-Hujarat Ayat 13). Prosiding Fakultas Ushulludin Adab Dan Dakwah, 1(1), 100–110.
Kuhlthau, C. C. (2025). Seeking meaning: A process approach to library and information services. Bloomsbury Publishing USA.
Meria, A. (2012). Pendidikan Islam di era globalisasi dalam membangun karakter bangsa. Al-Ta Lim Journal, 19(1), 87–92.
Musaddad, M. R., Muslim, A., Mutawalli, H., Wiratama, M., Rahman, M. A. A., & Hidayat, L. (2024). Penegakkan Hukum terhadap Pelanggaran HAM di Papua: Diskriminasi Etnis. Mandub: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 2(3), 68–79.
Na’im, Z. (2020). Membumikan Pendidikan Multikultural dalam Bingkai Pendidikan Islam. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 10(2), 31–42.
Parker, J. L. (2019). Multicultural education as a framework for educating English language learners in the United States. International Journal of Multidisciplinary Perspectives in Higher Education, 4(1), 22–35.
Purwasari, D. R., Waston, W., & Maksum, M. N. R. (2023). Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pandangan James a Banks. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(2), 249–258.
Syakban, I., Aryani, S. A., & Saputra, R. (2023). Rekontruksi Kegiatan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Inklusif Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(04).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tamrin Fathoni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.