Implementasi Konsep Rahmatan Lil Alamin pada Pendidikan Tinggi

Authors

  • Yusuf Suharto Universitas KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Indonesia
  • Saeful Kurniawan STAI At-Taqwa Bondowoso, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59698/nasir.v2i1.248

Keywords:

implementasi, rahmatan lil alamin, pendidikan tinggi, nilai-nilai Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang implementasi konsep Rahmatan Lil Alamin dalam Pendidikan Tinggi. Konsep Rahmatan Lil Alamin, yang berakar dalam ajaran Islam, menekankan pentingnya kasih sayang, keadilan, perdamaian, dan tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. Pendidikan tinggi memegang peran sentral dalam memperkenalkan dan menerapkan nilai-nilai ini kepada mahasiswa, sebagai bagian dari persiapan mereka untuk menjadi individu yang berkontribusi positif dalam masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis kajian pustaka atau library research yang dilaksanakan dengan menggunakan berbagai literatur yang relevan, misalnya buku atau penelitian-penelitian sebelumnya. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk menggali pemahaman yang mendalam tentang implementasi konsep Rahmatan Lil Alamin dalam pendidikan tinggi dengan menganalisis dan mensintesis temuan-temuan yang telah ada dalam literatur. Implementasi konsep Rahmatan Lil Alamin dalam pendidikan tinggi membutuhkan komitmen dan kerjasama dari semua pihak terkait. Diperlukan upaya sungguh-sungguh dari lembaga pendidikan, dosen, mahasiswa, serta pihak terkait lainnya agar konsep ini dapat diimplementasikan secara efektif. Dengan adanya komitmen yang kuat, diharapkan nilai-nilai Rahmatan Lil Alamin dapat menjadi bagian integral dari pendidikan tinggi, membentuk karakter mahasiswa yang berkualitas dan berwawasan luas. Proses implementasi ini juga diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang memiliki moralitas tinggi, menghargai keberagaman, dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

References

Ahmad, I. (2017). Peran Pendidikan Multikultural di Perguruan Tinggi Islam di Papua (Studi Kasus di STKIP Muhammadiyah Sorong Papua Barat). Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), 24-31.

Al Umar, A. U. A., Savitri, A. S. N., Pradani, Y. S., Mutohar, M., & Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39-44.

Aladdiin, H. M. F., & Ps, A. M. B. K. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2).

Anam, N. (2021). Formulasi Belajar dan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Multiple Intelligences di Lembaga Pendidikan. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 12-34.

Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya membangun sikap moderasi beragama melalui pendidikan agama islam pada mahasiswa perguruan tinggi umum. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1-15.

Arisah, Y., & Yunita, N. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Moderasi Beragama dalam Al-Qur’an surah al-Baqarah ayat 143 dan 256 (Studi komparatif Penafsiran M. Quraish Shihab dan Hamka). AL-HUDA: Journal of Qur'anic Studies, 1(1), 1-28.

Cahyono, H., & Hamzah, A. R. (2019). Upaya Lembaga Pendidikan Islam dalam Menangkal Radikalisme. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(01).

Hamid, A. (2018). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Nasionalisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 19-41.

Ibda, H., Muntakhib, A., Fadhilah, T. D., & Rakhmawati, N. F. (2023). Media Game Digital SD/MI berbasis Karakter P5 dan PPRA. Mata Kata Inspirasi.

Intizam, I., & Muttaqin, I. M. A. (2023). Implementasi Metode Targhib Wa Tarhib Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Santri Mahad Al Aqwam Man Kendal. Didaktika Islamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Kendal, 14(02), 42-71.

Irwansyah, I., Aziz, A., & Mawaddah, R. (2024). Implikasi Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Peserta Didik (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Sialang Buah). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 9911-9919.

Istianah, A., Maftuh, B., & Malihah, E. (2023). Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 11(3), 333-342.

Kirani, A. P., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pedoman dalam Menghadapi Era Society 5.0 Mendatang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 767-773.

Ningrum, T. S. (2023). Konsep Pendekatan Dan Strategi Pendidikan Nilai Dalam Perspektif Pendidikan Islam di Era Society 5.0. INSANI: Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan, 1(1), 40-57.

Nuddin, H., Zainuddin, A., & Kartiko, A. (2024). Upaya Pendidik Dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Terhadap Santri Dayah Darul Hikmah Aceh Barat. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(1), 104-116.

Nurlaeli, A. (2020). Inovasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam pada madrasah dalam menghadapi era milenial. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 4(01).

Pettalongi, S. S. (2013). Islam dan Pendidikan Humanis dalam resolusi konflik sosial. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (2).

Prayesti, T. (2022). Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja di Era Vuca Pada Mahasiswa Akhir Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia.

Purwanto, Y., Qowaid, Q., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi nilai moderasi melalui pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2), 110-124.

Saumantri, T. (2022). Konstruksi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Perspektif Filsafat Agama. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 24(2), 164-80.

Thoyib, M., & Pd306, M. (2013). The model of Islamic higher educational program quality management on the context of higher educational autonomy in Indonesia. Bunga Rampai Manajemen Pendidikan Tinggi Islam Menata Ulang Pendidikan Tinggi Islam Menuju Pendidikan Bermutu (Sebuah Kajian dan Pemikiran Pengembangan Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia), 177.

Yulindaputri, T., Arifi, A., & Anam, K. (2024). The Role of Islamic Education on Students' Multiculturalism Awareness. al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 7(1), 916-928.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Yusuf Suharto, & Saeful Kurniawan. (2024). Implementasi Konsep Rahmatan Lil Alamin pada Pendidikan Tinggi. Nasir: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 31–41. https://doi.org/10.59698/nasir.v2i1.248

Issue

Section

Articles