ANALISIS RESPON DOSEN SEBAGAI PENGGUNA E-MODUL BERBASIS LITERASI SAINS TERINTEGRASI KEISLAMAN KEINDONESIAAN MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon dosen sebagai pengguna e-modul berbasis literasi sains terintegrasi keislaman keIndonesiaan materi klasifikasi makhluk hidup bagi mahasiswa Tadris IPA IAIN Salatiga. Penilaian kelayakan e-modul berbasis literasi sains terintegrasi keislaman keIndonesiaan topik klasifikasi makhluk hidup bagi mahasiswa Tadris IPA IAIN Salatiga kepada 10 responden yaitu, dosen Biologi. Teknik purposive sampling digunakan dalam memilih dosen untuk penelitian ini dan hanya 10 orang yang dipilih berdasarkan pengetahuan mereka, yaitu. biologi. Data dikumpulkan dengan menggunakan rumus uji pearson product moment. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil survey terhadap respon pengguna e-modul dengan rerata masuk kategori layak yaitu 2,41. Mereka cenderung melengkapi pembelajaran dengan e-modul berbasis literasi sains terintegrasi keislaman keIndonesiaan materi klasifikasi makhluk hidup. Perkuliahan berjalan dengan efektif dan efisien. E-modul menawarkan banyak keuntungan selama pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azimi, A., Rusilowati, A., & Sulhadi, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 145. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.754
Bolarinwa, O. (2015). Principles and methods of validity and reliability testing of questionnaires used in social and health science researches. Nigerian Postgraduate Medical Journal, 22(4), 195. https://doi.org/10.4103/1117-1936.173959
Dewantara, D., Misbah, M., & Wati, M. (2020). The implementation of blended learning in analog electronic learning. Journal of Physics: Conference Series, 1422(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012002
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906
Ikhsan, M. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Gerak Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Wera Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2(1), 114. https://doi.org/10.58258/jime.v2i1.161
Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, ISBN: 978-602-6779-47-2, 127–134. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/issue/view/12
Jamilah, J., Ahmad Najib, A., Dzulkhairi, M. R., Ariff, H. O., & Nasri Ismail, N. M. (2014). Integration of Islamic input in medical curriculum - Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) experience. International Medical Journal Malaysia, 13(2), 73–77. https://doi.org/10.31436/imjm.v13i2.483
Kuswandari, R. E., & Suryanto, S. (2015). Aplikasi Model Component Display Theory (Cdt) Dalam Pengembangan Multimedia Interaktif Matakuliah Jaringan Komputer. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 179–189. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7608
Limatahu, N. A., Rahman, N. A., Hayatun, S., Abu, N., & Cipta, I. (2017). The Influence of Practicum Video with Electronic Module Toward Process Skills for Stoichiometry Materials of the Grade X of SMAN 2 Tidore Islands. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(1), 225–228.
Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
Shirali, G., Shekari, M., & Angali, K. A. (2018). Assessing Reliability and Validity of an Instrument for Measuring Resilience Safety Culture in Sociotechnical Systems. Safety and Health at Work, 9(3), 296–307. https://doi.org/10.1016/j.shaw.2017.07.010
Siskandar, R., Indrawan, N. A., Kusumah, B. R., Santosa, S. H., Irmansyah, I., & Irzaman, I. (2020). Penerapan Rekayasa Mesin Sortir Sebagai Penentu Kematangan Buah Jeruk Dan Tomat Merah Berbasis Image Processing. Jurnal Teknik Pertanian Lampung (Journal of Agricultural Engineering), 9(3), 222. https://doi.org/10.23960/jtep-l.v9i3.222-236
Wati, S. S., Artayasa, I. P., & Kusmiyati, K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Sistem Gerak Makhluk Hidup Berbasis Literasi Sains Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 548–553. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2253
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i2.87
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fenny Widiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License