Pengaruh Buku Pop Up Jawa Terhadap Keterampilan Bahasa Jawa Anak PAUD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media buku pop up dalam pembelajaran unggah–ungguh bahasa jawa anak usia 5–6 tahun di RA Al Muhtadin Dermolo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Hasil kelompok eksperimen menunjukkan hasil lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Uji hipotesis diperoleh bahwa Ha diterima maka Ho ditolak. Perhitungan uji-t Paired antara pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu = 7,221 dengan nilai sig (2-tailed) < 0,05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Unggah-ungguh Bahasa Jawa anak pada pretest dan posttest di kelas eksperimen menggunakan media pop up book mengalami peningkatan, hal ini dilihat dari skor nilai pretest yaitu 83,33% dan skor nilai post test yaitu 91,67%. Maka, peningkatan persentase di kelas eksperimen sebesar 8,34%. Pada pretest dan posttest kelas eksperimen mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa media pop up book memberikan pengaruh terhadap Unggah-ungguh Bahasa Jawa. Hal ini juga dibuktikan dari hasil presentase pada kelas eksperimen sebesar 8,34%, dan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pop up book terhadap Unggah-ungguh Bahasa Jawa anak melalui perhitungan uji-t bahwa thitung > ttabel yaitu 7,221 > 2,179. Maka disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan buku pop up book terhadap Unggah-ungguh Bahasa Jawa anak usia 5-6 tahun di RA Al Muhtadin Dermolo RT 03 RW 02 Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adib, H. S. (2016). Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Sains Dan Teknoogi, 2(8), 139–157.
Arfianingrum, P. (2020). Penerapan Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Sesuai Dengan Konteks Tingkat Tutur Budaya Jawa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2), 137–141. https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.6963
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 99 Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu, 1–114.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Hidayah, A. F. (2020). The Effect of Pop Up Book Activities On Group A’s Early Childhood Creativity. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 3(1), 30–40. https://doi.org/10.23917/ecrj.v3i1.11731
Muhammedi. (2017). Peran Raudhtul Athfal (RA) dalam Membina Generasi Islam yang Berkarakter. Raudhah, V(1), 1–20.
Nurjayanti, P. L. (2020). Tingkat Tutur Bahasa Jawa. 9(31), 1–8.
Rahmawati, N., & Komalasari, D. (2014). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pytera Harapan. Prodi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Uiversitas Negeri Surabaya, 1(3), 5–6.
Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. Jurnal Pendidikan Anak, 3(4), 217–220.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i2.83
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dwiana Asih Wiranti, Ulvia Febriana Hadiningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License