PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PENDIDIK DI MI AL BIDAYAH CANDI BANDUNGAN

Lia Adintya, Erna Risfaula Kusumawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan pengembangan kepribadian guru di MI Al Bidayah Candi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Studi ini berfokus pada kesulitan yang dihadapi guru ketika mengajar pengembangan kepribadian dan kompetensi di kelas. Kepala sekolah dan guru di MI Al Bidayah Candi menjadi fokus penelitian ini. metode pengumpulan data di MI Al Bidayah Candi melalui dokumentasi dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru. Teknik pencarian informasi berupa transkrip, catatan, surat kabar, buku, risalah rapat, dan bentuk dokumentasi lainnya sedangkan wawancara dilakukan untuk menyelidiki data verbal atau kualitatif yang diberikan informan kunci. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru di MI Al Bidayah Candi mengalami kesulitan dalam pengembangan kepribadian karena kepribadian siswa masih terbentuk sejak lahir. Selain itu, pengembangan kepribadian guru terhambat oleh kurangnya rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat, kurangnya disiplin waktu, kurangnya apresiasi terhadap hasil karya siswa, dan kesulitan membedakan masalah di rumah dengan di sekolah. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masalah pengembangan kepribadian guru di MI Al Bidayah Candi dapat diatasi melalui evaluasi dan pembinaan sehingga menghasilkan kompetensi kepribadian yang tanggung jawab, berwibawa, dewasa, stabil, dan lainnya.


Keywords


Kompetensi, pendidikan, dan kepribadian.

Full Text:

PDF

References


Afif, N., Putra B, M. N., & Kastamin, N. (2022). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Konsep Tazkiyatu An-Nafs. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 20–31. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i1.1254

Ahmad Robbani, A., Vuna Rohmatika, R., & Kholis Amrullah, M. (2022). Konstruksi Ilmu Pengetahuan Dalam Pendidikan Islam: (Studi Pustaka Konsep Pendidikan Pada Kitab Kuning). Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 4(2), 212–224. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v4i2.413

Aliyyah, R. R., Rahayu, Y., & Ramdhani, M. R. (2022). Pengaruh Interaksi Edukatif terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 185–198. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.6844

Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241

Azman, Z., & Helandri, J. (2022). Problems Has Behavior In The Classroom (Masalah Memiliki Perilaku Di Ruang Kelas. 20(1).

Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2543

Daniels, L., Gibson, R. S., Diana, A., Haszard, J. J., Rahmannia, S., Luftimas, D. E., Hampel, D., Shahab-Ferdows, S., Reid, M., Melo, L., Lamers, Y., Allen, L. H., & Houghton, L. A. (2019). Micronutrient intakes of lactating mothers and their association with breast milk concentrations and micronutrient adequacy of exclusively breastfed Indonesian infants. The American Journal of Clinical Nutrition, 110(2), 391–400. https://doi.org/10.1093/ajcn/nqz047

Hardi, N. A., Sidik, S. A., & Mulia, D. (2022). Penerapan modifikasi perilaku menggunakan token ekonomi untuk mengurangi perilaku hiperaktif dalam pembelajaran anak down syndrome. Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa, 7(1), 23. https://doi.org/10.30870/unik.v7i1.12995

Husti, I. (2022). Kompetensi Guru Dalam Buku Tunjuk Ajar Melayu Karya Tenas Effendy. 3(1).

Ifa Fatkhatul Izzah, A. D. (2023). Peran Kepala Sekolah Untuk Mengembangkan Disiplin Kepada Peserta Didik. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7678434

Lasmana, N. (2016). Wakaf dalam Tafsir Al-Manar (Penafsiran atas Surat al-Baqarah ayat 261-263 dan Ali ‘Imran ayat 92). Al-Tijary, 1(2). https://doi.org/10.21093/at.v1i2.530

Muharochma, W., & Abduh, M. (2022). Upaya Guru dalam Memfasilitasi Siswa Berlatar Belakang Status Sosial Ekonomi (SSE) Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6197–6202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3199

Nuriah, R. (2022). Skripsi Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Sosial (S.Sos.). 178.

Pasaribu, A. F., Surahman, A., Priandika, A. T., Sintaro, S., & Utami, Y. T. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Guru Menggunakan SAW. Journal of Artificial Intelligence and Technology Information (JAITI), 1(1), 13–19. https://doi.org/10.58602/jaiti.v1i1.21

Rahwangi, W., & Yulsin, W. (2023). Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Asi Eksklusif Dalam Upaya Perbaikan Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan. 3(1).

Restiana, S., Agustina, R., Rahman, J., Ananda, R., & Witarsa, R. (2022). Standar Proses Pendidikan Nasional: Implementasi dan Analisis terhadap Komponen Guru Matematika di SD Muhammadiyah 027 Batubelah. MASALIQ, 2(4), 489–504. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i4.444

Rusydi, M. (2019). Akar Teosofis Filsafat Perennial dan Implikasinya pada Pendidikan Islam. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 16(2), 447. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.104

Salamor, Y. B., & Salamor, A. M. (2022). Sosialisasi Dampak Kenakalan Remaja Bagi Anak di SMA Negeri 10 Ambon. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 701–705. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4535

Subekti, M. Y. A. (2018). Pengaruh Pelajaran Aqidah Akhlaq Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa. 2.

Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Supriani, Y., Tanjung, R., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417

Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479–4492. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1852

Yusron, M. A. (2022). Al-Qur’an dan Psikologi; Memahami Kepribadian Manusia Perspektif Al-Qur’an. 3(01).




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i2.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Erna Risfaula Kusumawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License