Pengembangan Nilai Moderasi Beragama di Lingkungan Sekolah MTs Hidayatullah Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung

Fatkhur Rohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan nilai moderasi beragama di MTs Hidayatullah, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, serta mengidentifikasi tantangan dalam pengembangan nilai moderasi beragama serta strategi dan upaya dalam menanamkan nilai moderasi beragama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Pendidik Pendidikan Agama Siswa MTs Hidayatullah Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa moderasi beragama yang berlandaskan prinsip wasathiyah (jalan tengah), tawazun (keseimbangan), dan i’tidal (keadilan) menjadi langkah strategis dalam membentuk karakter peserta didik, mencegah ekstremisme, serta menanggulangi berbagai krisis moral seperti kekerasan dan cyber crime. Upaya ini ditopang oleh payung hukum yang kuat, seperti UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 dan Perpres No. 58 Tahun 2023 tentang Penguatan Moderasi Beragama. Implementasinya dilakukan secara holistik melalui lima jalur utama yaitu integrasi kurikulum (penyisipan nilai moderasi dalam PAI, SKI, dan mata pelajaran lain serta penguatan P5RA), kebijakan dan kepemimpinan (visi-misi yang menegaskan toleransi), penguatan pendidik (ideologi moderat, profesionalisme, dan keteladanan), budaya sekolah (iklim inklusif dan anti-diskriminasi), serta kegiatan ekstrakurikuler (pramuka dan OSIS sebagai media pembentukan nasionalisme dan keterampilan sosial). Meskipun demikian, implementasi moderasi beragama di sekolah menghadapi tantangan internal seperti pembelajaran yang masih bersifat teoretis dan resistensi pendidik, serta tantangan eksternal berupa pengaruh media digital yang tidak terfilter dan lingkungan sosial yang eksklusif. Oleh karena itu, strategi pengembangan moderasi beragama perlu dilakukan secara terpadu, berkelanjutan, dan partisipatif untuk membentuk siswayang toleran, religius, dan berwawasan kebangsaan.


Keywords


Moderasi Beragama, Wasathiyah, Pendidikan Islam, Karakter Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Abidin, A., & Fitriana, F. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Studi Islam. Vol. 6 No. 1, 15-25. http://dx.doi.org/10.15575/ath.v6i1.11702

Albana, H. (2023). Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas. Jurnal SMART, https://doi.org/10.18784/smart.v9i1.1849

Aluf dkk. (2024). Evaluasi Pembelajaran Moderasi Beragama untuk Mengukur Penguatan Toleransi Siswa di MIN 2 Pamekasan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1632. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.18

Ariyanto, B. (2014). Metode Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azis, A. M. (2019). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta Pusat: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dita, S. (2018). Implementasi Supervisi Pembelajaran Alqur’an Hadits oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Alqur’an Hadits di SMP Muhammadiyah 4 Semarang Tahun 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Wahid Hasyim Semarang).

Faiz, M. F. (2023, April 11). Moderasi Beragama: Pilar Kebangsaan dan Keberagaman. Kementerian Agama RI. Diakses dari Kemenag.go.id.

Hadirman. (2024). Strategi dan Tantangan Implementasi Moderasi Beragama dan Pembinaan Karakter di SMA Muhammadiyah Manado. Jurnal Transformasi, Vol. 2 No. 1, 1–28.

Hafiz, D. (2022). Manajemen Organisasi Rohani Islam dalam Menanamkan Sikap Moderasi Beragama di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Tesis. UIN Raden Intan Lampung.

Ilham. (2025). Peran Ekstrakurikuler Kepramukaan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Madrasah Aliyah Sultan Hasanuddin Kabupaten 14 Gowa. AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia. Vol. 4 No. 2, 2205-2214.

Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU No. 20 Tahun 2003). Jakarta: Sekretariat Negara.

Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI

M. Quraish Shihab. (2016). Yang Hilang Dari Kita: AKHLAK. Ciputat: Lentera Hati.

Mahendra, Gunawan. (2022). Moderasi Beragama Menurut Quraish Shihab. (Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Curup). Curup. Diakses dari https://repository,uinsaizu. ac. id.

Maula, Abiyyah Naufal. (2023). Pendidikan Moderasi Bergama. Yayasan Cendekia Insan Indonesia Raya: Lombok Tengah.

Munif, A., Aini, Q., & Nabilah, N. (2023). Building religious moderation through islamic religious education: a study of high school teachers in Banten Indonesia. Journal IICET, Vol. 6 No. 1, 66-77.

Mustafa, M. (2023). Sosialisasi pentingnya internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui semua mata pelajaran dalam upaya membangun karakter sosial siswa SMP Negeri 1 Talun. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 14 No. 1, 128-135.

Muttaqin, A. I. (2024). Implementasi Moderasi Beragama dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Bustanul Makmur dan SMP Negeri 3 Genteng. Disertasi. UIN K.H. Achmad Siddiq Jember.

Ni'mah, H. (2020). Strategi Dan Implementasi Kebijakan Moderasi Beragama Di Sekolah Menengah Pertama Sebagai Upaya Membangun Generasi Beragama Moderat. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol.11 No. 2.

Pabbajah, M., Alang, A., & Anward, N. (2024). Superficial implementation of religious moderation in Islamic educational management. Cogent Education, Vol. 11 No. 1.

Putri, O.A., & Nurmal, I. (2022). Aktualisasi Moderasi Beragama dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, Vol. 200. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1564

Raharjo, S., & Miftahuddin. (2024). Internalisasi Nilai Moderasi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Jurnal of Multidiciplinary Learning and Academic Success, Vol. 1 No. 1, 868–876.

Rajab Sihombing, M. E., dkk. (2023). Mengurai Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Tafsir Al-Azhar (Analisis Hermeneutik Hans Georg-Gadamer). Jurnal Riset Moderasi Beragama (J-RMB). Vol. 2 No. 2, 139–153.

Sari, M. V., Syukriyah, L. F., & Husna, N. N. (2024). Strategi Pendidikan Moderasi Beragama untuk Membangun Generasi Muda yang Berjiwa Toleran. Jurnal Penelitian Agama, Vol. 25 No. 2, 321–331.

Shihab, M. Quraish. (2019). Wasathiyyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Tangerang: Lentera Hati.

Subiantoro, S. (2023). Moderasi Beragama: Peran dan Tantangan dalam Pembelajaran di Sekolah di Era Digital. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, Vol 4 No. 4, 878–884.

Suprianto, B. (2022). Ekstremisme dan Solusi Moderasi Beragama di Masa Pandemi COVID 19. Jurnal Studi Islam, Vol. 6 No. 1, 44–56.

Tangahu, I., & Muda, L. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Sekolah Dasar Negeri 01 Lemito. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner. Vol. 5 No. 1, 47–76.

Umi Baroroh. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA N 1 Banguntapan. Tesis. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wahidah, N.R., Kasidi. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pendidikan Islam di MA Alkhairaat Gorontalo: Kajian Filosofis dan Pedagogis. Jurnal Moderasi Beragama. Vol. 4 NO. 2, 224-225. https://doi.org/10.32332/moderatio.v4i2.9899

Yanto, M., dkk. (2023). Tantangan Pendidikan Agama Islam dan Moderasi Beragama dalam Menghadapi Masyarakat Multikultural. Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan. Vol. 3 No. 2, 252-257. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1343

Yusanto, Y. (2020). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 fatkhur rohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License