Peran Ice Breaking Wordwall dalam Mengembangkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD

Fadia Nurul Azizah, Adin Fauzi, Sripit Widiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik Ice Breaking berbasis Wordwall terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas IV sekolah dasar. Rendahnya penguasaan kosakata sering berdampak pada kurangnya keberanian dan motivasi siswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas IV yang dipilih melalui teknik total sampling. Instrumen penelitian meliputi tes penguasaan kosakata, angket motivasi, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) serta uji hipotesis dengan Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari 60,37 pada Pretest menjadi 72,22 pada Posttest. Uji Paired Sample t-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,003 (<0,05), yang menegaskan terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Selain itu, hasil angket memperlihatkan bahwa mayoritas siswa merasa lebih termotivasi dan lebih mudah memahami kosakata melalui permainan interaktif Wordwall, sehingga suasana kelas menjadi lebih aktif, menyenangkan, dan mendukung keberanian siswa dalam menggunakan bahasa Inggris sederhana. Dengan demikian, penerapan teknik Ice Breaking berbasis Wordwall terbukti efektif tidak hanya dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris, tetapi juga dalam menumbuhkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Keywords


Ice Breaking, Wordwall, kosakata, siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Andini, Nurawaliyah Putri, Rahma Ashari Hamzah, and Jannatul Hasanah. 2025. “Mengembangkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar.” Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar 3:1–13. doi:https://doi.org/10.52185/abuyaVol3iss1Y2025573.

Damayanti, Indri, Nani Setiawati, and Fenroy Yedithia. 2025. “Pengaruh Keterbatasan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Katingan Tengah.” 6(2):57–60.

Fadhilawati, Dian, and Suyitno. 2022. “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Tentang Kehidupan Soekarno Di Hoogere Burgerschool Melalui Aplikasi Memrise.” IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services 3(2):75–81. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijecs/article/view/1654/pdf.

Febriantia, Dina Triana, and Wahyu Taufiq. 2025. “The Wordwall-Based Gamification in Teaching English Vocabulary.” Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan 7(1):31–40.

Hadi, Saptono, and Agus Hermawan. 2024. “Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Taktis Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Simki Pedagogia 7(2):436–47. doi:10.29407/jsp.v7i2.693.

Handayani, Endang. 2024. “Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid 3(1):771–81. doi:10.30997/karimahtauhid.v3i1.7903.

Hartati, Sri, and Khoirul Anwar. 2023. “Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Berbahasa Indonesia Di MIN 3 Gunungkidul.” EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) 3(1):23. doi:10.30821/eunoia.v3i1.2417.

Hasani, Baitil, Fajar Nur Yasin, Amilah Uzlifatul Jannah, Devi Nurrochmah Aprilia, and Nur Sirojil Anam. 2025. “Studi Literature: Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran IPAS Kelas 4 SD.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 14:252–59. doi:10.26418/jppk.v14i2.89870.

Khaerunnisa, Besse Utami, Salasiah Ammade, and Siti Hajar Larekang. 2025. “Praktik Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di MAS As’adiyah No.1 Atapange.” Amsir Community Service Journal 3(1):75–80. doi:10.62861/acsj.v3i1.620.

Khusnah, Nadia Salsatul, Hastri Rosiyanti, and Bachtiar. 2024. “Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Dalam Upaya Meningkatan Keterampilan Menulis Dan Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Cipetir.” Semnasfip 2400–2409. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/24154.

Merta, Ni Putu Oktha Wahyuni, and I. Nengah Sueca. 2024. “Implementasi Permainan Bahasa Wordwall Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris.” Journal on Education 07(01):7101–9. http://jonedu.org/index.php/joe.

Mutiara, Irwan Satria, and Feny Martina. 2024. “Dampak Media Wordwall Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII MTs Nur Rahma Kota Bengkulu.” JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan 5(2):433–37. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index.

Nasrullah. 2024. “Peningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Teka Teki Silang.” ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya 4(1):160–71. doi:10.58218/alinea.v4i1.703.

Ningsih, Kadek Pebi Kusuma, and G. A. P. Suprianti. 2023. “Wordwall Media to Enrich English Vocabulary of 4th Grade Students.” International Journal of Language and Literature 7(4):208–15. doi:10.23887/ijll.v7i4.81883.

Prijambodo, Raden Firman Nurbudi, Ratna Novita Punggeti, and Lutfiana Fazat Azizah. 2025. “Strategi Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Lingkungan Di Sekolah Dasar : Pendekatan Kualitatif Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa.” Jurnal Riset Dan Pengabdian Interdisipliner 2(1):121–26. doi:10.37905/jrpi.v2i1.30324.

Rachmah, Amalia. 2023. “Kesulitan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggrispada Siswa Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid 1(2):288–94.

Sari, Lulu Komala, Ratna Komalasari, Muhammad Faisal Hakim, Ridwan Firmansyah, and Siti Asiah. 2025. “Integrasi Pengajaran Interaktif Melalui Inovasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Al-Mau’izhoh 6(2):1203–15. doi:10.31949/am.v6i2.12234.

Sari, Yuliana, Imei Wulandari, Efridayanti Gulo, Rama Tani Pakpahan, and Rifdah Syabani Nasution. 2025. “Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Kelas D Pendidikan Bahasa Inggris Stambuk 2023 Universitas Negeri Medan.” Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa 3(2):162–74. doi:10.61132/yudistira.v3i2.1759.

Utami, Siti Viona Sari, Hamsi Mansur, and Qomario. 2024. “2024, Pages 6081-6089 Journal of Education Research.” Journal of Education Research 5(4):6081–89.

Waruwu, Putri Indah Mawati, and Yulls Helsa. 2025. “Implementasi Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika 3(1):223–35. doi:https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i3.1942.

Wulansari, Resti, Herlina Agustin, Raden Roro Nanik Setyowati, and Anna Aisyah Prihatin. 2024. “Penerapan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IX-H Di SMP Negeri 12 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(3):43494–504.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fadia Nurul Azizah, Adin Fauzi, Sripit Widiastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License