Peran Ice Breaking Wordwall dalam Mengembangkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, Nurawaliyah Putri, Rahma Ashari Hamzah, and Jannatul Hasanah. 2025. “Mengembangkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar.” Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar 3:1–13. doi:https://doi.org/10.52185/abuyaVol3iss1Y2025573.
Damayanti, Indri, Nani Setiawati, and Fenroy Yedithia. 2025. “Pengaruh Keterbatasan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Katingan Tengah.” 6(2):57–60.
Fadhilawati, Dian, and Suyitno. 2022. “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Tentang Kehidupan Soekarno Di Hoogere Burgerschool Melalui Aplikasi Memrise.” IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services 3(2):75–81. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijecs/article/view/1654/pdf.
Febriantia, Dina Triana, and Wahyu Taufiq. 2025. “The Wordwall-Based Gamification in Teaching English Vocabulary.” Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan 7(1):31–40.
Hadi, Saptono, and Agus Hermawan. 2024. “Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Taktis Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Simki Pedagogia 7(2):436–47. doi:10.29407/jsp.v7i2.693.
Handayani, Endang. 2024. “Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid 3(1):771–81. doi:10.30997/karimahtauhid.v3i1.7903.
Hartati, Sri, and Khoirul Anwar. 2023. “Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Berbahasa Indonesia Di MIN 3 Gunungkidul.” EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) 3(1):23. doi:10.30821/eunoia.v3i1.2417.
Hasani, Baitil, Fajar Nur Yasin, Amilah Uzlifatul Jannah, Devi Nurrochmah Aprilia, and Nur Sirojil Anam. 2025. “Studi Literature: Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran IPAS Kelas 4 SD.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 14:252–59. doi:10.26418/jppk.v14i2.89870.
Khaerunnisa, Besse Utami, Salasiah Ammade, and Siti Hajar Larekang. 2025. “Praktik Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di MAS As’adiyah No.1 Atapange.” Amsir Community Service Journal 3(1):75–80. doi:10.62861/acsj.v3i1.620.
Khusnah, Nadia Salsatul, Hastri Rosiyanti, and Bachtiar. 2024. “Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Dalam Upaya Meningkatan Keterampilan Menulis Dan Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Cipetir.” Semnasfip 2400–2409. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/24154.
Merta, Ni Putu Oktha Wahyuni, and I. Nengah Sueca. 2024. “Implementasi Permainan Bahasa Wordwall Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris.” Journal on Education 07(01):7101–9. http://jonedu.org/index.php/joe.
Mutiara, Irwan Satria, and Feny Martina. 2024. “Dampak Media Wordwall Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII MTs Nur Rahma Kota Bengkulu.” JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan 5(2):433–37. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index.
Nasrullah. 2024. “Peningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Teka Teki Silang.” ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya 4(1):160–71. doi:10.58218/alinea.v4i1.703.
Ningsih, Kadek Pebi Kusuma, and G. A. P. Suprianti. 2023. “Wordwall Media to Enrich English Vocabulary of 4th Grade Students.” International Journal of Language and Literature 7(4):208–15. doi:10.23887/ijll.v7i4.81883.
Prijambodo, Raden Firman Nurbudi, Ratna Novita Punggeti, and Lutfiana Fazat Azizah. 2025. “Strategi Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Lingkungan Di Sekolah Dasar : Pendekatan Kualitatif Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa.” Jurnal Riset Dan Pengabdian Interdisipliner 2(1):121–26. doi:10.37905/jrpi.v2i1.30324.
Rachmah, Amalia. 2023. “Kesulitan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggrispada Siswa Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid 1(2):288–94.
Sari, Lulu Komala, Ratna Komalasari, Muhammad Faisal Hakim, Ridwan Firmansyah, and Siti Asiah. 2025. “Integrasi Pengajaran Interaktif Melalui Inovasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Al-Mau’izhoh 6(2):1203–15. doi:10.31949/am.v6i2.12234.
Sari, Yuliana, Imei Wulandari, Efridayanti Gulo, Rama Tani Pakpahan, and Rifdah Syabani Nasution. 2025. “Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Kelas D Pendidikan Bahasa Inggris Stambuk 2023 Universitas Negeri Medan.” Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa 3(2):162–74. doi:10.61132/yudistira.v3i2.1759.
Utami, Siti Viona Sari, Hamsi Mansur, and Qomario. 2024. “2024, Pages 6081-6089 Journal of Education Research.” Journal of Education Research 5(4):6081–89.
Waruwu, Putri Indah Mawati, and Yulls Helsa. 2025. “Implementasi Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika 3(1):223–35. doi:https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i3.1942.
Wulansari, Resti, Herlina Agustin, Raden Roro Nanik Setyowati, and Anna Aisyah Prihatin. 2024. “Penerapan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IX-H Di SMP Negeri 12 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(3):43494–504.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.709
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fadia Nurul Azizah, Adin Fauzi, Sripit Widiastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





