Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa SD

Sahiba Azzahra Jauharoh, Eva Nurul Malahayati, Dian Puspita Anggraini

Abstract


Rendahnya capaian hasil belajar siswa pada materi Wujud Zat dan Perubahannya disebabkan oleh penggunaan pembelajaran konvensional yang kurang sesuai dengan karakteristik belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) melalui desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. Subjek penelitian terdiri dari 54 siswa kelas IV SDN Srengat 1 yang terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran berdiferensiasi dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kognitif dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelas eksperimen, dengan rata-rata nilai pretest 57,41 meningkat menjadi 82,22 pada posttest. Pada kelas kontrol, nilai naik dari 58,52 menjadi 73,70. Uji ANOVA menghasilkan nilai Sig. 0,008 (<0,05) yang menandakan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Temuan ini membuktikan bahwa pembelajaran berdiferensiasi lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar IPAS. Penelitian ini merekomendasikan agar guru mengintegrasikan strategi diferensiasi dalam pembelajaran untuk menyesuaikan kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa sehingga tercipta pengalaman belajar yang lebih bermakna.

Keywords


Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Adelia, S. I., Reffiane, F., & Suyitno. (2022). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(3), 1–8.

Adelianty, V., Pada, A., & Achmad, W. K. S. (2024). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sdn 57 Pepabri Kota Palopo. Jurnal Metafora Pendidikan, 2(2), 46–59. http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp

Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8, 1–17. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Apriliska, S., & Radiah, I. (2025). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi melalui PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Penyajian Data Siswa Kelas VII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 5(2), 368–383. https://doi.org/10.29303/griya.v5i2.601

Awaliah, F. P. (2024). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Pada Materi Perubahan Wujud Zat Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SD. Universitas Pendidikan Indonesia.

Azmy, B., & Fanny, A. M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Inventa, 7(2), 217–223. https://doi.org/10.36456/inventa.7.2.a8739

Dirman, D., Kusumaningsih, W., & Ginting, R. B. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mencapai Standar Proses Pendidikan Di Smp. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 384–394. https://doi.org/10.51878/learning.v5i1.4568

Elmahasina, N., & Rahman, R. A. A. (2025). Pentingnya Pendidikan Dasar Bagi Anak di Indonesia. Karimah Tauhid, 4(2), 1570–1580. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v4i2.17153

Fauziah, D. T., Merliana, A., & Nugraha, A. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Pada Materi Perubahan Wujud Benda. COLASE: Journal of Elementary Education, 08(03), 167–186.

Gymnastiar, A. M. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(02), 24–45. https://doi.org/10.54125/elbanar.v7i02.274

Hasanah, O. N., & Sukartono. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(1), 204–213. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v8i1.20798

Hermawan, V., Anggiana, A. D., & Septianti, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran Student Achievemen Divisions (STAD). Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 6(2), 71–81. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/2810

Luawo, S. D., Abdullah, G., Isnanto, I., Kudus, K., & Saleh, M. (2025). Deskripsi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 4 SD. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(2), 526–535. https://doi.org/10.51878/science.v5i2.4874

Muhdar, R., & Marlina, Y. (2024). Kurikulum Merdeka : Tantangan Pembelajaran IPS Pada Siswa Sekolah Dasar Studi Kasus Di SD Negeri 26 Kota Ternate. PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 7(2), 314–324. https://doi.org/10.37567/primearly.v7i2.3443

Negari, A. S., Sari, Y., & Ulia, N. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar Abad Ke-21: Studi Literatur. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 255–269. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/24499/12798

Rofi’ah, S. N. H., Saputra, H. J., & Sofiati, R. N. (2025). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Supriyadi 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9, 146–152.

Rusidi, A. M., & Kurnia, B. (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Cicurug. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 229–245. https://doi.org/10.55606/inovasi.v4i2.4031

Safitri, D. A., Listiani, I., & Nurmaningsih, E. R. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran IPAS untuk Meningkatkan Pemahaman Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1646–1656. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.453

Sari, A. P., & Wahyudin, W. (2024). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Pelajaran Informatika. Digital Transformation Technology, 4(2), 887–894. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.4923

Sijabat, D. (2022). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Global Edukasi, 5(5), 321–326. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sahiba Azzahra Jauharoh, Eva Nurul Malahayati, Dian Puspita Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License