Pengaruh Model PBL dengan Media Bosiva Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Siswa IPAS

Muhammad Hanafi Romadlon, Adin Fauzi, Sripit Wadiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah PBL yang didukung media BOSIVA terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPAS di kelas V SDN Kanigoro 03. Permasalahan utama dalam studi ini berakar pada minimnya partisipasi aktif siswa dalam model pembelajaran konvensional yang didominasi oleh peran guru, yang berdampak pada belum optimalnya pengembangan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan pengukuran awal (pretest) dan akhir (posttest). Sampel penelitian terdiri atas 44 peserta didik yang terbagi ke dalam dua kelompok: kelompok eksperimen sebanyak 22 siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) dengan dukungan media BOSIVA, serta kelompok kontrol yang juga berjumlah 22 siswa dan mengikuti pembelajaran konvensional tanpa intervensi khusus. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengolahan data dilakukan melalui pengujian statistik Independent Sample T-Test dengan dukungan perangkat lunak SPSS. Temuan penelitian mengindikasikan adanya lonjakan signifikan dalam capaian kelompok perlakuan, di mana nilai rata-rata sebelum intervensi tercatat sebesar 62,27 dan meningkat menjadi 85,45 setelah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,030, yang berada di bawah ambang batas 0,05, menandakan adanya perbedaan yang substansial antara kelompok eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, pendekatan pembelajaran berbasis masalah yang diperkaya dengan media BOSIVA terbukti mampu mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik secara efektif.

Keywords


Problem Based Learning, BOSIVA, kemampuan bernalar kritis, IPAS, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Evalina, Wulandani, N., & Suryawan, A. (2024). Implementasi Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 8(2), 88–98. https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.88-98

Karlina, S., & Sari, R. M. M. (2024). Studi Literatur : Peranan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 451–460. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8202

Kenya, P. B. M., Kuswandi, D., & Wedi, A. (2025). Efektivitas Integrasi Teknologi Dalam Model Pbl Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edutech, 24(1), 272–287. https://doi.org/10.17509/e.v24i1.77103

Lestari, Y. P., Slameto, & Radia, E. H. (2018). Penerapan PBL Berbantuan Media Papan Catur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(April), 53–62.

Muda, M. A. M., Siburian, J., & Musli. (2024). Improving Students’ Critical Thinking Skills Using Multimedia in a Problem-Based Learning Model (PBL): a Narrative Review. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 16(2020), 245–265. https://doi.org/10.37640/jip.v16i2.2179

Nalinda, H., Arbarini, M., & Harianingsih. (2025). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 5(2), 270–285. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.5844

Nisa’i, S. H., Syofyan, H., Hotimah, U., & Nurhayati, R. (2022). Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPA di Kelas Rendah dan Tinggi. Prosiding Esa Unggul, 9, 258–261.

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo Pada Mekanika Teknik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544

Pradana, R., Sofiyana, M. S., & Putriani, I. (2024). Bosiva As an Android E-Book in Discussion of Adaptation of Living Creatures for Fifth Grade of Elementary School. JARES (Journal of Academic Research and Sciences), 9(2), 18–29. https://doi.org/10.35457/jares.v9i2.3314

Purwakanti, D. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Virus Kelas X Di SMA Negeri 1 Tanjung. Jurnal Biologi Kontekstual, 4, 7–11.

Rabiana, Wanasi, R., & Maharbid, D. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Ipa Sd Islam Terpadu Qurrota a’Yun Tinggede. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 48–58. https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.1041

Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., & Fajriah, Z. H. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. Prima, 7, 724–730. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma

Rohmatulloh, R., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Integrasi Media Pembelajaran pada Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5544–5557. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3249

Saifiyaturrahmah. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Getaran di SMP Negeri 1 Simpang Ulim. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Saifiyaturrahmah, Nengsih, S., & Afrida, J. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Getaran Di SMP. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(1), 15. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i1.12235

Solihin, & Kusuma, R. S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III UPT SDN Tengket 02 Arosbaya. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28665

Tanjung, D. S., Sirait, Y. K. B., Siregar, R. F. H., Siringoringo, T., & Sianipar, Y. K. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 060901 Medan Polonia T.P 2024/2025. Cendekia Pendidikan, 16(1), 11. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252

Thesalonika, P. (2025). Pengaruh Model PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Siswa pada Kurikulum Merdeka SMP Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan, 25, 89–99. https://doi.org/10.52850/jpn.v25i2.15677

Ummah, K. K., & Mustika, D. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1573–1582. https://jurnaldidaktika.org

Wahdah, N., Widiada, I. K., & Hasnawati. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Muatan Pelajaran IPA. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 673–680. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index%0APengaruh




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Hanafi Romadlon, Adin Fauzi, Sripit Wadiastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License