Pemanfaatan Platform Computer Based Test (CBT) dalam Sistem Penilaian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda

Rina Muda Siraturrahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas pemanfaatan platform computer based test (CBT) dalam penilaian di MIN 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan teknik triangulasi. Informan dalam penelitian ialah kepala sekolah, operator dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan platform computer based test (cbt) dalam penilaian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (1) efektifitas waktu, mengakses platform, perangkat yang digunakan, pembuatan dan pengerjaan soal. (2) objektivitas dari segi format penilaian, koreksi soal dan penilaian. (3) mengurangi tindakan curang pada pelaksanaan ujian. (4) otomatis memberikan hasil skor penilaian.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. K., Rahayu, K. M., & Lisnawati, S. (2023). PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DI MADRASAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN: KASUS MTsN AL AZHAR. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 21(3).

Habsari, M. E. (2019). PENERAPAN CBT (COMPUTER BASED TEST) PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 TUBAN. Jurnal IT-Edu, 04(1).

Hapsari, I. I., & Fatimah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru Di SDN 2 Setu Kulon. Prosiding dan Web Seminar (Webinar).

Hardinata, J. T. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Computer Based Test (CBT) Pada SMA swasta HKBP Hutabayuraja untuk meningkatkan efektivitas proses evaluasi Belajar Siswa. Jurnal TUNAS: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1).

Heri Khariono, Rizky Parlika, Kusuma, H. A., & Setyawan, D. A. (2021). PEMANFAATAN BOT TELEGRAM SEBAGAI E-LEARNING UJIAN BERBASIS FILE. Jurnal Informatika Polinema, 7(4), 65–72. https://doi.org/10.33795/jip.v7i4.696

Martin, Supriyati, Y., & Setyo Budi, A. (2018). Pengembangan Computer Based Test (CBT) sebagai alat penilaian pembelajaran fisika SMA pada materi gerak lurus. Seminar Nasional Quantum. Seminar Nasional Quantum.

Mustafa, P. S., & Suryadi, M. (2022). Landasan Teknologis sebagai Peningkatan Mutu dalam Pendidikan dan Pembelajaran: Kajian Pustaka. FONDATIA, 6(3), 767–793. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2130

Romadhona, N., Fachrudin YusuF, W., Yusuf, A., & Marzuki, A. (2024). PENERAPAN APLIKASI COMPUTER BASED TEST (CBT) SEBAGAI ALTERNATIF PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN PAI DI SMK SYAMSUL ARIFIN KRATON PASURUAN. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 8(1).

Syaifuddin, R., Faza, F., Diah, D., & Hamidah, N. (2022). Analisis Pemanfaatan Aplikasi CBT Sebagai SaranaTes Di MI Badrussalam Surabaya. Jurnal PTK dan Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v8i2.7569

Syayasna, N. T., Muyaroah, S., & Adesti, A. (2020). IMPLEMENTASI UJIAN SISTEM CBT (COMPUTER BASED TEST) DI SMA NEGERI 3 OKU. Jurnal Bajet (Baturaja Journal Education Technology), 4(2).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi Dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1). https://doi.org/10.20961/jas.v3i1.17444

Wardani, S. U. K. (2021). Efektivitas Penggunaan Sistem Computer Based Test dan Paper Based Test dalam Pelaksanaan Ujian Tengah Semester Bahasa Indonesia di SMPN 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 491. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39676

Yuliana, Y. (2019). INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI: PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI INTERNET. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 119–132. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5179




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rina Muda Siraturrahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License