Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Terintegrasi Multipel Representasi Kimia pada Materi Laju Reaksi Fase F SMA/MA
Abstract
Materi laju reaksi memiliki karakteristik yang mencakup berbagai konsep abstrak dan seringkali dianggap sulit oleh siswa sehingga menimbulkan miskonsepsi pada saat proses pembelajaran. Materi laju reaksi bersifat abstrak yang perlu dijelaskan dengan multipel representasi kimia yaitu level makroskopis, submikroskopis, dan simbolik. Salah satu upaya untuk menghindari miskonsepsi siswa pada materi laju reaksi yang bersifat abstrak adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang terintegrasi dengan multipel representasi kimia. Media powerpoint interaktif merupakan salah satu media yang dapat memenuhi tuntutan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan 4D. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media powerpoint interaktif terintegrasi multipel representasi kimia pada materi laju reaksi fase F SMA/MA dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari produk yang dikembangkan. Media powerpoint interaktif divalidasi oleh 5 validator yaitu 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMA Negeri 1 Banuhampu. Uji praktikalitas dilaksanakan dengan 2 orang guru kimia SMA Negeri 1 Banuhampu serta 26 siswa fase F SMA Negeri 1 Banuhampu. Rumus yang digunakan untuk menganalisis tingkat validitas adalah rumus Aiken’s V dengan nilai validitas 0,91 yang dinyatakan valid dan tingkat praktikalitas guru dan siswa dianalisis dengan rumus Purwanto dengan nilai praktikalitas guru dan siswa berturut-turut 95% dan 92% tang dikategorikan sangat praktis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement.
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2024). SK BSKAP 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 021).
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Gava Media.
Dwi, S. H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. In UNY Press (Issue April 2017).
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Kamil, P. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Dengan Menggunakan Media Power Point Dan Media Torso. Bioedusiana, 4(2), 64–68.
Lawhon, D. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75.
Moore, W, J., Stanitski, L, C., & Jurs, C, P. (2019). Chemistry the Molecular Science. In Sustainability (Switzerland) (4th ed., Vol. 11, Issue 1). Cengage Learning.
Musya’idah, A. S. E. (2016). POGIL, Analogi Model FAR, KBI, dan Laju Reaksi. In Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM (pp. 671–680).
Nasution, S. A., & Aini, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(2), 76–84.
Nurpratami, H., Ch, Farida, I., & Helsy, I. (2015). Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Laju Reaksi Berorientasi Multipel Representasi Kimia. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains, 353–356.
Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.
Rahmani, Aulia, R., & Abduh, M. (2022). Efektivitas Media PowerPoint Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Masa Pandemi. 6(2), 2456–2465.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59–72.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. 14.
Treagust, D. F., Chittleborough, G., & Mamiala, T. L. (2003). The role of submicroscopic and symbolic representations in chemical explanations. International Journal of Science Education, 25(11), 1353–1368.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.688
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 annisa nisa nisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License