Penerapan Problem Based Learning Terintegrasi dengan Teaching At The Right Level Terhadap Hasil Belajar Akuntansi
Abstract
Untuk meningkatkan pembelajaran kognitif siswa pada materi akuntansi keuangan, dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan teknik Teaching at the Right Level (TaRL) terhadap siswa kelas XI di SMKN 2 Jiwan. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini, yang terdiri dari dua siklus dan melibatkan tiga puluh siswa. Format penilaian digunakan untuk mengukur perkembangan yang telah dicapai siswa dalam pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kedua pendekatan tersebut berhasil, terbukti dari fakta bahwa tingkat penyelesaian pembelajaran siswa meningkat secara signifikan dari 57% pada siklus pertama menjadi 77% pada siklus kedua.
Keywords
Akuntansi Keuangan, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Teaching at The Right Level
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Defi Fitriana, Khusnul Hidayati, Farida Setyaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License