Pengaruh Waktu Belajar di Luar Jam Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Ummi di SD Patra Dharma 3 Balikpapan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh alokasi waktu belajar mandiri terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an menggunakan Metode Ummi di SD Patra Dharma 3 Balikpapan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif kausal. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 24 orang guru Al-Qur’an sebagai responden, kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel alokasi waktu belajar mandiri terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,05) dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,668, yang menunjukkan bahwa sebesar 66,8% variasi hasil belajar siswa dipengaruhi oleh waktu belajar tambahan di luar jam pelajaran, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Temuan ini memperkuat asumsi bahwa alokasi waktu belajar di luar pembelajaran formal sangat berperan dalam meningkatkan pemahaman, ketepatan makhraj, kelancaran, dan kefasihan membaca Al-Qur’an sesuai standar Metode Ummi. Oleh karena itu, keterlibatan aktif siswa, dukungan guru, serta strategi pembelajaran yang mendorong kegiatan belajar mandiri sangat diperlukan guna mengoptimalkan pencapaian hasil belajar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi lembaga pendidikan dalam merancang kebijakan pembelajaran Al-Qur’an yang lebih efektif melalui pemanfaatan waktu di luar jam pelajaran secara terstruktur dan berkelanjutan.
Keywords
Waktu Belajar, Luar Jam Pelajaran, Hasil Belajar Ummi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Saadatul Abadiah, Arief Rohman Arofah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License