Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Menengah Pertama Plus Jhon Fisher

Sifensia Bani, Yakobus Kleden, Yusmina Eliseba Hauoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Pertama Plus Jhon Fisher Wekbelar, Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, siswa, dan observasi langsung terhadap kegiatan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran yang sangat signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Peran tersebut meliputi: (1) sebagai pemimpin visioner, (2) sebagai pemimpin manajerial, (3) sebagai pemimpin intruksional, (4) sebagai pemimpin motivator, dan (5) sebagai pemimpin disiplin dan pengawasan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa, (1) kepatuhan terhadap aturan sekolah, (2) kedisiplinan akademik, (3) kedisiplinan sosial dan etika, (4) kemandirian dan tanggung jawab pribadi. 


Keywords


Peran Kepala Sekolah, Kedisipinan siswa

Full Text:

PDF

References


Ajepri, F., Vienti, O., & Rusmiyati, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 130–149. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.53

Creswell, J. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design. SAGE Publications.

Ismail. (2022). 260-File Utama Naskah-847-2-10-20221007. Jurnal Manajemen Dan Budaya STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 2(2), 33–53.

Jasrial. (2018). Persepsi Guru tentang Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah. Bahana Manajemen Pendidikan, 7, 1–4. https://doi.org/10.24036/jeal.v3i4

M. B. Miles, A. M. H. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.

Mendiber Wanimbo, Femmy.C.M.Tasik, & Lasut, J. J. (2022). Peran Pendidikan dalam Proses Perubahan Sosial bagi Masyarakat di Desa Nanim Kecamatan Ayumnati Kabupaten Lannyjaya. Journal Ilmiah Society, 2(1), 1–10.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Murdiyanto. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Deepublish.

Nur, N., & Yurika, A. (2023). Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Perbankan (JUMPA), 10(1), 29–44. https://doi.org/10.55963/jumpa.v10i1.504

Raharjo, P. (2023). Strategi Implementasi ISO 14001: 2015 Di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung. 108–110.

Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.53515/cji.2020.1.1.1-6

Ajepri, F., Vienti, O., & Rusmiyati, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 130–149. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.53

Creswell, J. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design. SAGE Publications.

Ismail. (2022). 260-File Utama Naskah-847-2-10-20221007. Jurnal Manajemen Dan Budaya STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 2(2), 33–53.

Jasrial. (2018). Persepsi Guru tentang Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah. Bahana Manajemen Pendidikan, 7, 1–4. https://doi.org/10.24036/jeal.v3i4

M. B. Miles, A. M. H. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.

Mendiber Wanimbo, Femmy.C.M.Tasik, & Lasut, J. J. (2022). Peran Pendidikan dalam Proses Perubahan Sosial bagi Masyarakat di Desa Nanim Kecamatan Ayumnati Kabupaten Lannyjaya. Journal Ilmiah Society, 2(1), 1–10.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Murdiyanto. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Deepublish.

Nur, N., & Yurika, A. (2023). Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Perbankan (JUMPA), 10(1), 29–44. https://doi.org/10.55963/jumpa.v10i1.504

Raharjo, P. (2023). Strategi Implementasi ISO 14001: 2015 Di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung. 108–110.

Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.53515/cji.2020.1.1.1-6




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yusmina Eliseba Hauoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License