Adaptasi dan Inovasi Strategi Pembelajaran PJOK Berbasis Bahasa Isyarat dan Visual di Sekolah Luar Biasa: Praktik Guru di Provinsi Aceh
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abosi, O., & Koay, T. L. (2008). Attaining development goals of children with disabilities: Implications for inclusive education. International Journal of Special Education, 23(3), 1‑10.
Ahmadi, A., & Prasetya, J. (2005). Strategi belajar mengajar (pp. 32‑34). Bandung: Pustaka Setia.
Depdiknas. (2003). Standar kompetensi mata pelajaran pendidikan jasmani. Jakarta: Depdiknas.
Hendrayana, Y. (2007). Pendidikan jasmani dan olahraga adaptif (Adapted Physical Education and Sport) (pp. 7‑9). Visiting Foreign Research Fellow, Indonesia University Education: University of Tsubuka.
Handayani, S., & Sutisna, D. (2021). Pengaruh penguatan visual terhadap motivasi belajar siswa tunarungu dalam pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Khusus dan Inklusif.
Hosni, I. (2003). Pembelajaran adapti (p. 98). Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Juhji, & Farida, I. (2004). Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran picture and picture. Jurnal Primary, 6(1). ISSN 2086‑1362.
Kurniawan, R., & Fitriyah, H. (2020). Pendekatan individual dalam pembelajaran PJOK bagi siswa berkebutuhan khusus: Studi kasus pada siswa tunarungu. Jurnal Pendidikan Jasmani Adaptif, 5(2), 45‑53.
Lestari, S., Fadilah, R., & Nugroho, D. (2023). Modifikasi permainan bola untuk meningkatkan kapasitas fisik dan sosial siswa tunarungu. Jurnal Olahraga dan Kesehatan, 11(1), 34‑42.
Milles, B. B., & Huberman, A. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode‑metode baru (pp. 20‑22). Jakarta: UI Press.
Mufarokah, A. (2009). Strategi belajar mengajar (p. 43). Yogyakarta: Teras.
N. K., & R. (2008). Strategi belajar mengajar (p. 1). Jakarta: Rieneka Cipta.
Nurrochmah. (2016). Tes dan pengukuran dalam pendidikan jasmani dan keolahragaan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Pangesti, R., & Sudarsini, S. (2005). Pengembangan media video senam irama dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada siswa tunagrahita. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 2(1).
Prasetyo, H., & Ardiansyah, R. (2023). Implementasi model permainan kelompok dalam pembelajaran PJOK untuk siswa tunarungu di sekolah luar biasa. Jurnal Pendidikan Khusus dan Inklusif, 7(2), 85‑94.
Ramadhani, A., & Lestari, P. (2022). Pemanfaatan teknologi visual dalam pembelajaran PJOK bagi siswa tunarungu. Jurnal Teknologi Pendidikan Inklusif, 4(1), 55‑64
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.653
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fachrul Azmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License