Manajemen Kurikulum PAK Berbasis Outcome-Based Education (OBE) dalam Menjawab Tantangan Pendidikan Kristen di Era Algoritma

Isa Umbu Riani Telaumbanua, Daniel Ello, Dominggus Alli

Abstract


Perkembangan teknologi digital berbasis algoritma telah mengubah pola belajar peserta didik, penyebaran informasi, serta interaksi sosial secara mendasar. Hal ini menimbulkan tantangan besar bagi Pendidikan Agama Kristen (PAK), seperti dominasi pembelajaran instan dan visual, banjir informasi yang tidak tersaring, serta lemahnya kompetensi digital guru. Artikel ini bertujuan menganalisis manajemen kurikulum PAK berbasis Outcome-Based Education (OBE) sebagai strategi adaptif untuk menjawab tantangan era algoritma. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan analisis deskriptif terhadap teori OBE, dinamika era algoritma, dan implikasinya terhadap desain kurikulum PAK. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan OBE dalam PAK mampu membentuk capaian pembelajaran yang terukur, menumbuhkan etika digital yang Kristiani, dan memperkuat peran guru sebagai fasilitator pembelajaran yang reflektif dan kontekstual. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada integrasi sistematik antara pendekatan OBE dengan kebutuhan khusus PAK dalam menghadapi budaya algoritmik, yang masih minim dalam kajian akademik sebelumnya. Artikel ini juga menawarkan model kurikulum konkret berbasis capaian yang relevan secara teologis dan digital, termasuk strategi pembelajaran aktif, evaluasi portofolio, serta literasi digital yang beretika. Dengan demikian, manajemen kurikulum PAK berbasis OBE menjadi pendekatan strategis yang bukan hanya transformatif, tetapi juga kontekstual terhadap zaman.

Keywords


Manajemen Kurikulum PAK, Outcome-Based Education, Era Algoritma

Full Text:

PDF

References


Aldayani, Friska, Asriani Juneva, Herlina Herlina, Marlina Matasik, and Reta Jeni. 2024. “Analisis Tantangan Dan Peluang Pendidikan Agama Kristen Bagi Generasi Alpha.” Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia 3(4):393–406.

Aliadi, Aliadi, Sri Murhayati, and Zaitun Zaitun. 2024. “Outcome Based Education:: Inovasi Dan Investigasi Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Indonesian Research Journal on Education 4(4):2420–25.

Anon. n.d.-a. “Https://En.Wikipedia.Org/Wiki/Ministry_of_Education%2C_Culture%2C_Research%2C_and_Technology?Utm_source=chatgpt.Com.”

Anon. n.d.-b. Rancangan Penulis Yang Mengacu Pada Referensi Kurikulum OBE.

arxiv.org. n.d. “Https://Arxiv.Org/Abs/2010.14632?Utm_source=chatgpt.Com.”

Ashari, Denny Rakhmad Widi. n.d. “BAB 3 MANAJEMEN DATA DAN DATABASE.” SISTEM INFORMASI SISTEM INFORMASI AKUNTaNSI DAN BISNIS AKUNTaNSI DAN BISNIS 29.

Deluria, Richard Paolo B. 2024. “Designing and Evaluating an Outcome-Based Education Model: A Case Study at Angeli Gilbert Christian Academy.” American Journal of Education and Technology 3(2):128–40. doi: 10.54536/ajet.v3i2.2881.

Egunjobi, Joyzy Pius. 2025. “The Misuse of AI-Generated Content in Academic and Religious Settings.” International Journal of Research and Scientific Innovation XII(XV):871–79. doi: 10.51244/ijrsi.2025.121500077p.

Eunike, Elisabet. 2024. “Pengaruh Pendidikan Kristen Terhadap Karakter Remaja Di Era Digital.” Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3(2):205–13.

Hadinata, Ong Grace Quarissa, and Timotius Sukarna. 2023. “Tujuan Pendidikan Agama Kristen Sebagai Kontra Algoritma Sosial Media Pengamplifikasi Dosa.” JURNAL KADESI 5(1):1–22.

Jusriadi, Jusriadi, and Muhammad Abdullah. 2025. “Integration of Local Wisdom in Digital Learning: A Literature Review.” Jurnal Edukasi Terkini 2(2):34–42. doi: 10.70310/jet.2025.020206125.

Kim, Sungwon. 2017. “Development and Validation of a Scale for Christian Character Assessment of University Students.” Religions 8(5). doi: 10.3390/rel8050082.

Laia, Sutarman, Susiana Lase, Karsa Krisman Gulo, and Lisna Novalia. 2024. “Pendidikan Agama Kristen Serta Kurikulumnya Dalam Menanggapi AI.” 1(4).

Majesty, Gilbert Timothy, Litos Sitorus Pane, and Hotmaulina Sihotang. 2025. “Analysis of Permendikbud No. 53 of 2023 Policy for Christian Religious Education in Indonesia.” Indonesian Journal of Christian Education and Theology 4(2):161–70.

MERDEKA, MERDEKA BELAJAR-KAMPUS. n.d. “PANDUAN PENYUSUNAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI.”

Mulijono, Dasaad, and M. Albert. 2024. “Hutapea, I Nyoman E Lister, Mondastri K Sudaryo, Helwiah Umniyati. Mechanism s Plant-Based Diets Reverse Atherosclerosis.” Cardiology and Cardiovascular Medicine 8:290–302.

Mustofa, Idam, Sokha Dara, and Vann S. Sok. 2025. “Policy and Practice of Competency-Based Education in Indonesia: Challenges and Prospects for the Future.” Journal Emerging Technologies in Education 3(2):54–64. doi: 10.70177/jete.v3i2.2131.

Muvid, Muhamad Basyrul, Achmad Arrosyidi, and Didiet Anindita Arnandy. 2024. “Buku Monograf Dampak Penggunaan ChatGPT Pada Kompetensi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi.” Books For A Better World 1(2).

Novita, Novita Nur Inayha. 2023. “Penguatan Etika Digital Melalui Materi ‘Adab Menggunakan Media Sosial’ Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Menghadapi Era Society 5.0.” Journal of Education and Learning Sciences 3(1):73–93. doi: 10.56404/jels.v3i1.45.

Paelongan, Jein, Serli Lambertus, Milka Milka, Welsianti Tumonglo, and Rani Ta’dung. 2024. “Integrasi Nilai Kristiani Dan Literasi Digital Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 2(12):539–51.

Pike, Mark A. 2024. “The ‘Image of God’and the Schooling of Virtue: Christian-Ethos Schools of Character for the Whole Community.” Journal of Beliefs & Values 1–16.

Rafiq, Ahmad. 2025. “Sosialisasi Pembelajaran Mahasiswa Baru S2 Dan S3 UIN Sunan Kalijaga 2025.”

Rasinus, M. Th, and S. T. T. Arastamar Wamena. 2025. “KURIKULUM OUTCOME-BASED EDUCATION (OBE) DAN IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI PAPUA PEGUNUNGAN.” Pendidikan Agama Kristen Dalam Dinamika Zaman: Teologis, Praktika, Refleksi, Dan Gagasan 103.

Royani, Royani, Rifqi Fahrudin, Audira Freya Syatifa, and Eka Dian Astuti. 2025. “Impact of Outcome-Based Education on Graduate Readiness in the Era of Globalization through International Benchmarking: Pengaruh Outcome-Based Education (OBE) Terhadap Kesiapan Lulusan Di Era Globalisasi Studi Benchmarking Internasional.” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat 5(2):129–39.

Setiawan, Erwin Budi, Imam Marzuki Shofi, and Galih Wasis Wicaksono. 2022. “PANDUAN KURIKULUM BERBASIS OBE/KKNI/SKKNI APTIKOM PROGRAM STUDI SARJANA INFORMATIKA/ILMU KOMPUTER.”

Silitonga, Boy Anto Ando. 2025. “Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Berbasis Teknologi Untuk Dewasa Muda.” Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi 5(1):417–18. doi: 10.59818/jpi.v5i1.1407.

Simanjuntak, Rahel Lina, Theresia Romauli Siagian, Vina Anggriani, and Arnita Arnita. 2023. “Analisis Sentimen Ulasan Pada Aplikasi E-Commerce Shopee Dengan Menggunakan Algoritma Na{"i}ve Bayes.” J. Tek. Mesin, Elektro Dan Ilmu Komput 3(3):23–39.

Spady, William G. 1994. Outcome-Based Education: Critical Issues and Answers. ERIC.

Susilo, Herawati, Husnul Chotimah, and Yuyun Dwita Sari. 2022. Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Telaumbanua, Yehezkiel, and Ander Gunawan Pasaribu. 2025. “Desain Dan Pengembangan Kurikulum PAK ( Pendidikan Agama Kristen ) Dan Keluarga Untuk Membentuk Karakter Anak.” 6:875–89.

Windarwati, Maria Titik, Junio Richson Sirait, Hestyn Natal Istinatun, Tamba Parulian, and Emeliana Emeliana. 2021. “Relevansi Transformational Leadership Di Lembaga Pendidikan Kristen.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2(1):1–12. doi: 10.52489/jupak.v2i1.40.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Isa Umbu Riani Telaumbanua

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License